2 Pertimbangan Penting dalam Memilih Dokter Umum

“Jika Anda sakit pergilah ke dokter”, mungkin itu adalah kalimat yang sangat sering kita dengar saat mendapati tubuh kita sedang drop atau sedang sakit. Hal tersebut wajar karena dokter adalah profesi yang memang bekerja dan telah menjalani proses pembelajaran dan praktek sampai akhirnya bisa memberikan pengobatan yang tepat bagi seseorang yang sedang jatuh sakit.

Sekarang ini kita mengenal adanya 2 kategori untuk dokter yaitu dokter umum atau dokter keluarga yang memiliki pengetahuan luas mengenai dunia kesehatan serta dokter spesialis yang memiliki keahlian utama atau spesialisasi dalam bidang tertentu. Dokter umum banyak dipilih oleh masyarakat karena memang penyakit yang diderita tidak terlalu spesialistik sehingga tidak sampai membutuhkan penanganan dari dokter spesialis. Contoh penyakit yang banyak dikeluhkan dan menjadi pekerjaan harian bagi dokter umum biasanya seperti flu, demam, luka luar, dan sebagainya.

Info penting !  SehatQ.com Solusi Praktis dan Pintar untuk Kesehatan Keluarga

Untuk dapat berkonsultasi dengan dokter umum ada beberapa cara yang dapat kita tempuh mulai dari datang ke puskesmas, klinik dokter umum yang membuka praktek sendiri, hingga melalui situs kesehatan di internet yang menyediakan layanan konsultasi dengan dokter secara online. Dari berbagai pilihan tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekuragannya masing-masing. Oleh karena itu berikut merupakan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih kemanakah Anda akan berobat :

1. Lokasi Anda

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan tentu saja adalah seberapa jauh lokasi Anda dengan instansi kesehatan terdekat. Biasanya instansi kesehatan yang paling mudah diakses adalah puskesmas karena berlokasi di pusat kecamatan. Jika kondisinya sangat mendesak seperti korban kecelakaan dan membutuhkan penanganan yang segera dari seorang dokter maka puskesmas dapat dijadikan prioritas pilihan untuk mendapatkan pertolongan pertama. Namun untuk penyakit lain dan karena memang Anda tinggal di kota tentunya sangat mudah untuk mencari klinik atau praktek umum jika Anda menginginkan penanganan yang lebih bersifat privat atau lebih baik dari puskesmas. Berbeda lagi jika Anda hanya mengalami penyakit ringan seperti flu namun ingin berkonsultasi dengan dokter umum dan tidak ingin meninggalkan rumah Anda maka konsultasi secara online merupakan solusinya. Beberapa situs yang menyediakan layanan konsultasi dengan dokter secara online adalah SehatQ.com dan hallosehat.com.

2. Biaya yang Anda Miliki dan Pelayanan yang Diberikan

Info penting !  Jenis Masker Wajah Alami

Untuk pasien dari golongan menengah ke bawah puskesmas adalah pilihan utama. Di puskesmas kita dapat mendapatkan pelayanan yang cukup lengkap dari seorang dokter umum mulai dari konsultasi mengenai keluhan Anda, resep obat yang akan dibuatkan dokter, serta tentunya informasi mengenai jenis obat yang diberikan beserta manfaatnya, dan juga nasehat mengenai makanan, minuman, atau aktifitas lain yang harus dihindari yang berhubugan dengan penyakit Anda. Biaya pengobatan di puskesmas tergolong sangat murah dibanding dengan rumah sakit, klinik, atau praktek umum karena memang adalah instansi kesehatan yang disediakan pemerintah. Bahkan bagi mereka yang memiliki KIS atau BPJS kesehatan dapat mendapatkan penanganan kesehatan secara gratis. Berbeda cerita jika Anda memilih untuk berobat ke klinik atau praktek umum dari seorang dokter. Pelayanan yang diberikan dapat dikatakan lebih baik ketimbang puskesmas seperti jenis obat yang akan diberikan dan durasi konsultasi yang bisa lebih lama. Namun hal tersebut jugalah yang membuat biaya pengobatannya menjadi lebih mahal.

Info penting !  3 Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam tanpa Iritasi

Pada dasarnya semua dokter umum telah memiliki keilmuan yang mendalam mengenai berbagai kondisi kesehatan sehingga dapat menentukan pengobatan apa dan jenis obat apa yang cocok untuk pasien. Dengan pertimbangan di atas Anda dapat menentukan sendiri pengobatan manakah yang paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.