5 Tempat Wisata Kuliner di Madiun yang Menyuguhkan Menu Legendaris

Soal kuliner, Madiun paling terkenal dengan aneka makanan legendarisnya. Cita rasa beragam, tampilan sederhana, dan harga murah meriah merupakan ciri khas santapan asal Madiun. Nah, sebagai rekomendasi saat Anda liburan ke kota tersebut, berikut ini tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Gambar dari travel.kompas.com

  1. Nasi Pecel 99

Siapa yang tidak kenal nasi pecel? Kuliner berbahan sayuran bertabur bumbu kacang ini memiliki rasa lezat dan enak. Anda bisa mencicipinya di Depot Nasi Pecel 99 di Jalan HOS Cokroaminoto, Kejuron. Dari masyarakat, artis, sampai pejabat, pernah menyantap pecel di Depot Nasi Pecel 99.

Pasalnya, selain menawarkan kelezatan nasi pecel, warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1987. Berarti, Depot Nasi Pecel 99 termasuk kedai legendaris yang berumur lebih dari 30 tahun. Lalu, berapa harga nasi pecel di Depot 99? Sangat terjangkau; Anda hanya perlu mengeluarkan Rp8.000 untuk satu piring nasi pecel.

  1. Depot Dawet Suronatan

Anda suka makan es? Kalau ke Madiun, cobalah mampir ke Depot Dawet Suronatan di Jalan Merbabu Nomor 10. Di sini, Anda bisa menemukan es dawet legendaris yang populer sejak tahun 1962. Sampai sekarang, cita rasa dan tampilan es dawet tetap dipertahankan keasliannya.

Lantas, apa saja isi mangkuk es dawet di Surontan? Disajikan dalam mangkuk kecil, es dawet ini berisi gula, santan, cendol, ketan hitam, bubur sum-sum, dan tape singkong. Kerennya, cendol dalam es dawet Suronatan dibuat langsung oleh Mak Minten—karyawan yang paling lama bekerja di Depot Suronatan.

 

  1. Jadah Bakar Mbak Luk

Tak jauh dari Stasiun Kereta Api Madiun, Anda akan melihat sebuah warung sederhana yang dipadati pengunjung. Itulah Jadah Bakar Mbak Luk; salah satu warung legendaris di Madiun. Di tempat tersebut, Anda bisa mencicipi kuliner jadah—berbahan dasar beras ketan putih.

Cara memasaknya, beras ketan dikukus bersama parutan kelapa. Kemudian, bahan tersebut ditumbuk sampai lembut. Setelah itu, ketan dibentuk sesuai selera dan bisa langsung disantap.

Lain halnya dengan jadah buatan Mbak Luk—jadah yang dipotong harus dibakar di pemanggangan. Saat jadah terlihat matang dan terasa renyah, berarti Anda sudah bisa menyantapnya. Lebih nikmat disantap bersama segelas teh hangat, kopi, atau jahe.

  1. Warung Ayam Bakar Cobek

Anda penggemar masakan ayam? Ketika pelesiran ke Madiun, jangan lupa mampir ke Warung Ayam Bakar Cobek. Tempat sederhana yang berlokasi di Jalan Kelapa Manis ini menawarkan olahan ayam bakar di atas wadah cobek dengan sambal khas Madiun. Orang Madiun biasa menyebutnya, ayam bakar madu.

  1. Soto Kutilang

Kelezatan Soto Kutilang—yang terletak di Jalan Kutilang—sudah tersohor hingga ke pelosok Madiun. Kuliner legendaris ini menghidangkan masakan soto berkuah dengan isi daging melimpah, usus babat, perkedel kentang, dan keripik tempe. Untuk menikmati satu porsi makanan ini, Anda hanya perlu membayar Rp10.000. Murah, kan?

Demikian ulasan beberapa tempat wisata di Madiun yang menghidangkan kuliner legendaris. Untuk bisa mencicipi semua hidangan tersebut, pastinya Anda harus menginap di sekitar Madiun. Supaya lebih mudah mencari hotel di Madiun, Anda dapat memanfaatkan situs atau aplikasi Airy.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa memperoleh kamar dengan tujuh fasilitas utama, yaitu televisi, AC, akses WiFi gratis, peralatan mandi, shower air hangat/dingin, air minum kemasan, serta tempat tidur nyaman dan bersih. Harga per kamarnya pun terjangkau dan dapat dibayarkan lewat kartu kredit atau transfer ATM. Tunggu apa lagi? Yuk, booking sekarang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.