Apa Saja yang Dicover Asuransi All Risk

Asuransi all risk adalah asuransi yang menanggung resiko kejadian tidak sengaja dan menimbulkan kerusakan pada kendaraan walaupun kecil.

gambar dari mubasirinmuhammad.weebly.com

Asuransi all risk mobil meliputi apa saja

Asuransi ini tidak menanggung semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda. Hanya kerusakan yang seperti ini ditanggung oleh asuransi all risk, yaitu:

  • Kendaraan anda menabrak kendaraan lain atau kendaraan lain yang menabrak kendaraan anda. Atau kendaraan anda menabrak benda mati dan diam misalnya dinding, pohon, atau tiang.
  • Mobil anda mengalami kaca retak, kena goresan, atau hilangnya aksesoris dan lain-lain yang sudah disepakati dalam perjanjian polis asuransi.
  • Kehilangan kendaraan atau kerusakan akibat bencana alam atau kerusuhan dengan menambah paket asuransi all risk khusus huru-hara dan terorisme.
Info penting !  Jual Beli Mobil Bekas Murah

Hal-hal di atas lah yang diganti oleh asuransi mobil all risk.

Apakah kerusakan mesin mobil ditanggung asuransi?

Tidak semua kerusakan mesin mobil ditanggung asuransi, apalagi kalau kerusakannya datangnya dari kesalahan penggunaan. Misal mobil yang mengalami overheat, mesin mobil yang dirubah spesifikasinya atau tidak sesuai dengan pengaturan pabrikan, atau penggunaan suku cadang yang tidak sesuai dengan pabrikan atau tidak dipasang di bengkel resmi.

Cara klaim asuransi all risk

Untuk melakukan klaim asuransi all risk, pastikan anda melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Saat terjadi kerusakan atau kehilangan, foto bagian mobil yang rusak atau yang hilang.
  2. Selanjutnya Siapkan dokumen-dokumen pendukung untuk mengajukan klaim seperti copy polis asuransi, copy SIM, copy STNK, serta surat keterangan dari kepolisian jika diperlukan.
  3. Setelah semua berkas sudah lengkap, anda datangi bengkel resmi tempat mengajukan klaim asuransi. Bila kerusakan terjadi diluar kota, maka segera telpon pihak asuransi dan ceritakan tentang kerusakan yang terjadi dan minta cara untuk klaim asuransi di kota tersebut.
  4. Saat anda disuruh mengisi formulir, pastikan isi formulir dengan sejujur dan sedetail mungkin. Misal waktu kejadian, di jalan apa, dan data pendukung lainnya. Karena pihak asuransi pasti melakukan pemeriksaan terhadap data yang anda isi.
Info penting !  Inilah Istilah Populer dalam Dunia Asuransi yang Harus Anda Ketahui

Setelah melakukan semua tahapan di atas, anda tinggal menunggu kabar dari bengkel mengenai berapa hari pengerjaan kendaraan anda.

Upgrade asuransi tlo ke all risk

Untuk anda yang sudah terdaftar di asuransi berjenis TLO atau Total Loss Only, anda bisa mengubahnya menjadi asuransi all risk dengan cara berikut.

  1. Pastinya anda menghubungi pihak asuransi untuk menanyakan bagaimana cara untuk merubah paket asuransi anda.
  2. Pastikan anda melakukan pengubahan jenis asuransi ke all risk sebelum tanggal jatuh tempo asuransi anda.
  3. Siapkan biaya menaikkan paket asuransi anda dari total loss only ke asuransi all risk.

Kalau anda ingin menaikkan paket asuransi anda ke all risk dari total loss only setelah jatuh tempo, sama saja seperti pengajuan polis baru. Jadi pastikan anda melakukan perubahan paket ke all risk sebelum jatuh tempo.

Info penting !  Informasi Call Center Bank Di Indonesia

Hal-hal yang harus diperhatikan saat upgrade polis asuransi

Orang-orang biasanya ingin menaikkan paket asuransinya karena masa asuransi mobilnya akan segera berakhir. Jadi sebelumnya anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Biaya yang berubah-ubah, hal ini terjadi karena berubah-ubah harga kendaraan anda. Sebab pihak asuransi membebankan biaya perubahan paket dihitung dari harga kendaraan anda saat ini.
  2. Masa paket asuransi atau masa upgrade, untuk nasabah yang ingin asuransi lebih dari setahun biasanya premi yang dibayar lebih mahal.
  3. Jatuh tempo, pastikan anda melakukan perubahan paket sebelum jatuh tempo asuransi kendaraan anda sekarang.

Jadi itulah sekelumit asuransi all risk yang bisa menambah pengetahuan anda dalam melakukan klaim atau menaikkan paket asuransi anda ke paket all risk.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Jangan segan untuk membagikan di sosial media kalian masing-masing.

Sampai jumpa di tulisan lainnya. Dadah…

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.