Apakah Asuransi Unit Link Merugikan Nasabah?

Kurangnya pemahaman nasabah sebelum membeli polis asuransi dapat menimbulkan kekecewaan di kemudian hari. Hal ini cukup sering terdengar dari kalangan nasabah asuransi unit link. Mereka mengeluh bahwa hasil yang diterima tidak sebanding dengan informasi awal dari sales asuransi.

gambar dari tradingclick.com

Memang, minimnya pemahaman nasabah mengenai mekanisme asuransi unit link akan berdampak pada tingkat kepuasan. Namun, pemahaman yang rendah juga bisa disebabkan dari kegagalan sales dalam menjelaskan produk asuransi unit link kepada nasabah. Tak dapat dipungkiri, terkadang sales asuransi bekerja hanya untuk mengejar target. Sehingga mereka hanya mengiming-imingi bukan mengedukasi. Padahal, semua instrumen investasi tidak terlepas dari sisi minus. Dan, nasabah berhak tahu kelemahan dari produk asuransi yang ditawarkan.

Info penting !  Cara Membuat Kartu Kredit BRI agar Cepat Di-Approve

Asuransi unit link merupakan produk asuransi yan menawarkan dua keuntungan sekaligus: proteksi dan investasi. Akan tetapi, mekanisme unit link tidak sesederhana produk asuransi biasa. Premi yang dibayarkan nasabah nantinya akan dialokasikan ke dalam dua bagian. Sebagian khusus untuk proteksi jiwa/kesehatan, sebagian lagi diinvestasikan ke instrumen-instrumen investasi lainnya seperti reksa dana atau oblogasi.

Di tahun-tahun pertama, manfaat investasinya cenderung tidak terasa. Apalagi jika pasar global dalam kondisi tidak stabil, peluang mengalami kerugian sudah pasti ada. Kemungkinan seperti ini yang tidak sepenuhnya dipahami masyarakat awam. Sehingga ketika mengetahui hasil yang diperoleh tidak sebagaimana yang diharapkan, mereka langsung protes dan menyalahkan sistem.

Oleh karena itu sebelum menjadi memutuskan membeli polis unit link, pahami dulu produk ini secara mendalam. Jangan sungkan bertanya pada petugas asuransi tentang apa yang ingin Anda ketahui, termasuk segala kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.