Berburu Tiket Kereta Api Online untuk Liburan, Ini Tipsnya!

Sampai hari ini, kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi yang difavoritkan banyak orang untuk menjangkau tempat dengan jarak menengah. Selain harganya yang lebih terjangkau, kereta api juga menawarkan sebuah perjalanan yang nyaman dan bebas dari macet. Anda mau berburu tiket kereta api secara daring untuk liburan, ini tipsnya!

1. Reservasi Tiket dari Jauh Hari

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah Anda bisa reservasi atau memesan tiket untuk keberangkatan sejak H-90 hari. Ketersediaan dalam jangka waktu lama ini tak hanya di situs resmi dan loket KAI saja, namun Anda bisa mendapatkannya di seluruh jaringan penjualan tiket kereta yang resmi bekerja sama dengan PT KAI.

Dengan tersedianya tiket kereta sejak 3 bulan sebelum keberangkatan, tentunya Anda bisa memesan jauh-jauh hari dan menyesuaikan jadwal dengan waktu kosong Anda. Alhasil, dengan demikian persiapan Anda bisa lebih panjang dan matang.

2. Pahami Cara Pembeliannya

Hal lain yang harus Anda ketahui tentang berburu tiket kereta daring untuk liburan ini adalah Anda harus memahami caranya lebih dulu. Calon penumpang bisa melakukan banyak cara untuk pemesanan tiket mulai dari situs resmi KAI hingga situs yang bekerja sama dengan KAI. Anda bisa mengecek dan cari tahu cara pembeliannya lebih dulu.

3. Siapkan Skenario Tanggal dan Pilihan Kereta

Siapkanlah skenario paling matang tentang pemilihan tanggal dan kereta ketika Anda memesan tiket kereta api online. Misalnya, selain menyiapkan tiket berangkat, Anda juga harus menyiapkan tiket pulang. Kalau tanggal pertama habis, maka Anda bisa memilih tanggal lainnya dan mencari pilihan kereta yang sesuai dengan Anda.

4. Cari Solusi Selain Situs KAI

Untuk urusan pembelian tiket secara daring, Anda bisa mengandalkan banyak situs untuk mendapatkan tiketnya. Jadi, Anda tak perlu hanya mengandalkan situs resmi PT KAI saja. Hal ini untuk berjaga-jaga kalau lalu lintas data terlalu tinggi dan Anda tak bisa masuk ke situs resmi PT KAI.

Anda bisa memilih banyak agen travel daring atau situs pembelian tiket seperti di PegiPegi.com dan masih banyak lagi. Agen tersebut memiliki berbagai fitur unggulan yang bisa memudahkan Anda dalam memesan tiket kereta. Anda juga bisa sesuaikan waktu keberangkatan dengan tiket yang tersisa seperti pesan di situs resmi KAI.

5. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ketika memesan tiket secara daring, hal yang harus Anda pastikan adalah koneksi internet Anda stabil. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menjalani proses pemesanan. Anda pasti tahu, ketika berburu tiket terutama di dekat hari keberangkatan, Anda harus beradu dengan banyak calon pembeli lain.

Kalau koneksi internet Anda tak stabil, Anda bisa saja gagal membeli tiket karena internet yang lambat dan tak bisa bersaing dengan calon pembeli lain yang memiliki internet lebih lancar. Sebab, bisa saja tiket Anda direbut orang lain.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Pas

Dalam sistem pembelian tiket daring, ada banyak sistem pembayaran yang bisa Anda coba mulai dari debit, ATM, kartu kredit, mobile banking, e-banking, merchant pilihan dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak metode pembayaran tersebut, sebaiknya pilih yang paling memudahkan Anda sehingga tiket bisa didapat tanpa ada masalah.

Dari 6 tips di atas, penulis menyarankan bagi kamu untuk mencoba fitur cari tiket yang ada di PegiPegi. Caranya mudah sekali. Coba lihat gambar di bawah ya.

Anda cukup masukkan asal daerah dan tujuan perjalanan anda, tanggal berapa mau berangkat, dan jumlah penumpang. Langsung anda klik tombol “Cari Tiket”. Maka akan muncul daftar kereta dan harga tiket yang berlaku.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika berburu tiket kereta secara daring khususnya di PegiPegi. Ada banyak situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan tiket kereta itu. Jadi, jangan hanya bergantung pada situs resmi KAI saja, ya!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.