Berikut Adalah Beberapa Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan, memang rasanya sangat spesial bagi wanita mana pun. Mengandung sang buah hati selama kurang lebih sembilan bulan merupakan tanggung jawab yang besar. Maka dari itu, setiap ibu harus merubah pola hidupnya agar menjadi lebih sehat dan baik. Jika Anda adalah perokok, maka wajib hukumnya untuk berhenti apabila sedang mengandung, karena tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Selain menghentikan kebiasaan yang buruk, Anda juga harus mulai merubah pola makan Anda. Tidak semua makanan yang nikmat dan lezat itu baik untuk kesehatan bayi. Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi kepada dokter tentang makanan untuk ibu hamil yang baik dan yang tidak untuk dikonsumsi.

Makanan Untuk Ibu hamil

Ada sebuah istilah atau kebiasaan yang dialami oleh ibu hamil, yaitu ngidam. Biasanya ini memang membuat keinginan sang ibu untuk makan sesuatu. Hal ini tentunya yang harus Anda perhatikan, karena tidak semua ngidam itu harus dituruti. Apalagi, jika makanan yang diinginkan yang memang tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin selama masa kandungan. Secara garis besar, saat masa kehamilan, sang ibu biasanya membutuhkan asupan makanan yang mengandung kalsium, karbohidrat, serat, asam folat, lemak sehat, mineral, dan juga berbagai macam vitamin. Kemudian, ada apa saja makanan yang mengandung nutrisi dan mineral seperti yang disebutkan tadi? Mari langsung simak ulasannya!

  1. Gandum Atau Nasi Merah

Makanan yang baik untuk ibu hamil yang pertama adalah gandum atau nasi merah. Anda harus memperhatikan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Agar aman dan tidak berlebihan, Anda bisa mendapatkannya dari gandum atau nasi merah. Gandum merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil karena mengandung serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk membantu perkembangan janin di dalam perut. Jika Anda memang tidak suka makan gandum, maka Anda bisa menggantinya dengan nasi merah. Porsinya juga harus diperhatikan, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga.

  1. Ubi

Ubi adalah salah satu jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil. Ubi juga merupakan makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, ubi juga mengandung vitamin seperti vitamin B6, potasium, Vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Zat yang disebutkan tadi, sangat baik untuk perkembangan mata, kulit, dan juga tulang si bayi. Selain itu, ubi juga dapat memenuhi kandungan zat besi harian di dalam tubuh sang ibu. Zat besi juga merupakan hal yang penting juga untuk ibu hamil, loh!

  1. Oatmeal

Makanan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah oatmeal. Sebabnya, oatmeal kaya akan kandungan protein, vitamin Bb6, dan juga serat. Mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan pagi akan memberikan tenaga yang ekstra. Terutama di saat Anda sedang terasa lelah dan juga mual-mual. Selain itu, nutrisi yang dikandung oleh oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi yang sedang berada di dalam perut.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga ternyata baik untuk ibu hamil. Terutama jika Anda mengonsumsi kacang almond. Kacang ini termasuk golongan superfood yang memang direkomendasikan untuk ibu hamil. Kandungan seperti zinc, copper, vitamin E, magnesium, lemak sehat, karbohidrat, kalori, omega-3, dan lain-lain memang sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, konsumsi kacang almond juga dapat mencegah penyakit jantung bawaan terhadap si bayi saat sudah lahir nantinya.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kacang ini, Anda bisa beli kacang almond di Nutify Indonesia. Terdapat berbagai macam varian rasa kacang almond yang sudah jelas aman untuk ibu hamil. Semua bahan fresh, almondnya adalah almond panggang. Rasa dari almond tersebut dibuat dari bahan alami tanpa adanya bahan kimia dan juga campuran MSG. Salah satu varian rasanya adalah Nutify Almond Gourmet Honey & Sesame. Rasa manis yang dibalut dengan biji wijen ini memang sangat membuat siapa saja ketagihan. Bagi ibu hamil, sangat direkomendasikan konsumsi kacang almond. Segera pesan di Nutify Indonesia, dan nikmati Flash Sale hingga 50% selama bulan Mei 2020!

  1. Daging Tanpa Lemak

Ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan bayi dan juga memastikan otot-otot sang buah hati berkembang dengan baik. Daging adalah sumber protein yang baik. Selain itu, daging juga membantu menambahkan vitamin B6 untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Daging juga memiliki kandungan vitamin B12 yang fungsinya membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah.

  1. Telur

Yang tidak kalah penting juga untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah telur. Setelah memasuki trimester kedua dan ketiga, ibu hamil memang disarankan untuk menambah asupan protein dari telur. Telur memang sehat untuk ibu hamil yang mengandung zat kolin yang sangat baik untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

Jangan lupa untuk konsumsi makanan-makanan tersebut agar ibu dan bayi sehat sampai tiba hari melahirkan. Selain itu, jangan lupa juga untuk konsultasikan kepada dokter apabila Anda masih ada keraguan. Sehat selalu!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.