Cara Membasmi Semut di Sekitaran Rumah

Semut sebagai hewan kecil yang suka berkerubung di sekitar makanan dan minuman apalagi yang manis, sering menjadi persoalan dalam rumah. Banyak cara yang dilakukan untuk mengusirnya. Bahkan ada yang mencari cara membasmi semut.

cara-membasmi-semut

Bahasanya kejam ya, apa kita wajib gitu mencari metode menghilangkan semut yang ada dirumah kita? Kali aja semutnya itu pasukan dari superhero Marvel, yaitu Ant-man yang bertugas dirumah kita untuk menjaga perdamaian. 😀

Langsung saja deh kita deklarasikan perang melawan pasukan semutsi Ant-man, :D. Simak uraian kami dibawah ini tentang cara mengusir semut.

Cara Membasmi Semut Merah Di Dalam Rumah

Untuk semut yang ada di dalam rumah, khususnya semut merah, bisa menggunakan cara di bawah ini.

  1. Memakai asam borat. Bahan kimia dapat anda beli di toko yang menjual bahan kimia. Letakkan serbuk asam borat di pojokan rumah, di dapur, dan tempat lain dimana semut suka berkumpul.
  2. Menggunakan kapur anti serangga. Bahan aktif dari kapur ini tidak disukai oleh semut. Coretkan kapur ini di sepanjang jalan yang dilalui oleh pasukan semut.
  3. Menyemprotkan jus lemon. Semut tidak suka dengan aroma perasan buah lemon. Semprotkan ke pasukan semut yang sedang menginvasi rumah anda, Tapi jangan dikasih gula ya, nanti malah semutnya semakin berpesta kalau anda semprot dengan jus lemon yang manis, wkwk.

Cara Mengusir Semut Dari Rumah Kita

Kalau anda cuma ingin mengusir tersebut dari rumah, bisa mengikuti cara di bawah ini.

  1. Menaburkan bubuk lada atau cabe. Bahan ini juga bisa digunakan untuk mengusir kawanan semut di rumah anda.
  2. Menggunakan garam. Tabur garam di sepanjang jalan semut yang biasa masuk kerumah kita.

Cara Menghilangkan Semut Di Keramik

Rumah yang menggunakan lantai keramik, dan banyak dilalui oleh semut, anda bisa mengusirnya dengan cara mengepel atau mengelap rumah ada dengan perasan buah lemon. Caranya ember yang berisi air, campurkan dengan irisan beberapa biji buah lemon. Keluarkan sari-sari lemonnya dengan cara diperas. Berikutnya lap atau pel rumah anda dengan cairan lemon tadi secara merata. Apabila telah selesai maka lap atau pel kembali dengan air biasa dan biarkan kering. Cara ini selain membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di lantai juga memberikan aroma lemon di lantai keramik anda. Dan semut tidak suka dengan aroma tersebut.

Cara Mengusir Semut Merah Agar Tidak Datang Lagi

Kalau anda yang sudah jengkel dengan keberadaan semut-semut dirumah, cara berikut wajib anda lakukan untuk mengusirnya dan menghindarinya.

  1. Basmi sarang semut. Dari konvoi pasukan semut di rumah anda, ikuti hingga anda menemukan sarangnya. Di sarang tersebut pasti terdapat ratu semut sebagai pusat komando dari pasukan semut. Tutupi sarang tersebut dengan pot terbalik, kemudian tuangkan air panas mendidih dari lubang yang ada di bagian atas pot terbalik tersebut. Jahat bener ya caranya, :(.
  2. Periksa pot tanaman yang ada dalam rumah, pastikan tidak menjadi tempat sarang serangga.
  3. Bersihkan tempat sampah yang ada di dalam dan luar rumah, untuk menghindari menjadi sarang semut.
  4. Segera simpan buah dan makanan ke lemari penyimpanan agar tidak menjadi tempat berburu pasukan semut ini.
  5. Pastikan rumah bersih dari sisa-sisa makanan dan minuman.
  6. Kalau anda mempunyai hewan peliharaan, pastikan juga tempat makan dan minumnya bersih.

Jadi itulah beberapa cara membasmi semut. Ada yang caranya kejam, ada yang bersahabat, :D. Namun hal yang lebih penting dari cara mengusir semut ini adalah cara kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah kita.

Sekian tulisan kali ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media kalian ya. ^_^

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.