Cara Membuat Bolu Kukus

Bolu Kukus memiliki tekstur kue bolu tetapi tidak dibuat dengan cara dipanggang, melainkan dengan cara dikukus. Kalian dapat menemukannya di mana saja di pasar tradisional ataupun di toko-toko kue. Bolu kukus ini sangat murah dan mudah ditemukan. Tetapi kaian juga bisa loh membuatnya sendiri dirumah, pada artikel kali ini kami akan memberikan resep kue bolu kukus yang bisa kalian ikuti dirumah yang pastinya membuatnya sangat mudah dan rasanya enak!

Resepnya untuk sekitar 9 bolu kukus.

Bahan:

  • 2 putih telur pada suhu kamar
  • 3 kuning telur pada suhu kamar
  • 250 g gula
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 275 g tepung terigu serbaguna
  • 225 ml air soda. Gunakan sebotol air soda yang belum dibuka karena ini memengaruhi saat kue mengembang
  • 2 tetes pewarna makanan kuning. Anda juga dapat menggunakan warna lain.
  • 2 tetes pewarna makanan hijau. Anda juga dapat menggunakan warna lain.
  • 1/4 sendok teh bubuk kakao

Alat yang dibutuhkan:

  • stand mixer. Anda juga bisa menggunakan hand mixer.
  • spatula karet
  • pengukus
  • 4 cangkir silikon muffi. Dengan menggunakan gunting, potong beberapa lubang di bagian bawah dan samping setiap cangkir. Pastikan lubang didistribusikan secara merata pada setiap cangkir sehingga dapat dimasak secara merata.
  • 9 cupcake liners

Cara membuat bolu kukus:

Dengan menggunakan stand mixer, tambahkan putih telur dan kuning telur ke dalam mangkuk. Mulai mixer dan atur ke kecepatan tertinggi. Jalankan selama sekitar 2 menit. Saat mixer berjalan, tambahkan gula sedikit demi sedikit dan vanila. Setelah menambahkan gula dan vanila, biarkan mixer bekerja dengan kecepatan tertinggi selama 20 menit. Jika Anda tidak memiliki stand mixer, Anda dapat menggunakan hand mixer tetapi Anda harus menggunakan kecepatan tertinggi saat pencampuran.Saat mixer berjalan, Anda dapat menggunakan waktu untuk menyaring tepung dan baking powder. Setelah 20 menit, matikan mixer. Tambahkan 1/3 air soda dan 1/3 campuran tepung ke dalam campuran telur dalam mangkuk pengaduk. Dengan menggunakan spatula karet, aduk perlahan campuran tepung ke dalam adonan campuran telur sehingga tepung tergabung dalam adonan. Setelah tepung dimasukkan, ulangi langkah ini sampai semua air soda dan campuran tepung telah digunakan. Ambil sekitar 10 sendok makan adonan dan masukkan ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan pewarna makanan kuning. Menggunakan spatula karet bersih, aduk adonan sehingga warnanya menyatu. Ambil sekitar 10 sendok makan adonan dan masukkan ke dalam mangkuk kecil lain. Tambahkan pewarna makanan hijau. Menggunakan spatula karet yang bersih, aduk adonan sehingga warnanya menyatu. Ambil sekitar 10 sendok makan adonan dan masukkan ke dalam mangkuk kecil lain. Tambahkan bubuk kakao. Menggunakan spatula karet yang bersih, aduk adonan sehingga warnanya menyatu.

Isi pengukus bagian bawah Anda dengan air. Letakkan steamer bawah di atas kompor dan nyalakan kompor.  Sambil menunggu air dalam steamer mendidih, Anda dapat menggunakan waktu untuk meletakkan adonan ke dalam loyang silikon. Letakkan cupcake liner di dalam setiap cup baking silikon. Pastikan liner ditempatkan dengan pas di dalam cangkir sehingga mengikuti bentuk cangkir. Karena cawan kue silikon lunak, kami tidak ingin menangani dan memindahkannya secara manual setelah mengisinya dengan adonan. Setelah air di steamer bawah mendidih, lepaskan tutupnya dari steamer bawah dan letakkan steamer atas di atas steamer bawah. Tempatkan tutupnya di atas pengukus. Tempatkan handuk dapur di sekitar tepi tutup untuk menyerap kelembapan. Dengan cara ini, air dari kelembapan tidak akan jatuh ke adonan selama memasak yang memengaruhi mengembangnya bolu. Setelah semua adonan habis. Matikan kompor.

Sajikan bolu kukus. Jika Anda tidak segera menyajikannya, biarkan dingin terlebih dahulu.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.