Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Ampuh

Memiliki gigi putih dan cemerlang memang dambaan setiap orang. Namun, kebiasaan minum teh dan kopi, malas menggosok gigi dan terlalu banyak makan permen adalah salah satu penyebab hal itu tak bisa terlaksana. Namun, bukan berarti Anda tak bisa memiliki gigi putih meski menerapkan kebiasaan tersebut. Ini dia cara memutihkan gigi yang bisa ditempuh!

cara-memutihkan-gigi

1. Garam

Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi adalah garam. Garam memiliki manfaat antibakteri yang bisa menyebabkan kuman penyebab gigi berlubang dan masalah pada gigi yang lain mati. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu berkumur-kumur saja dengan garam yang sudah dicampurkan air setiap hari.

2. Arang Kayu

Arang kayu juga memiliki fungsi untuk membuat gigi lebih putih. Arang kayu mengandung alkali yang mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Cukup gunakan dalam skala yang kecil saja kemudian haluskan dan tambahkan perasan jeruk lemon untuk menggunakannya. Kemudian, sikatkan pada gigi langsung.

3. Daun Sirih

Daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning. Resep daun sirih untuk membuat gigi lebih putih sudah terbukti ampuh sejak zaman dulu. Orang zaman dulu biasanya mengucahnya dengan kapur untuk membuat gigi lebih kuat, menghilangkan bau mulut dan membuatnya putih secara alami.

Cara menggunakannya tak begitu susah. Anda bisa langsung mengunyahkannya saja. Namun, bila tak bisa, Anda bisa menggunakannya dengan direbus lebih dulu dan gunakan air bekas rebusannya untuk berkumur. Cara lainnya, Anda bisa menumbuk daun sirih dan oleskan ke gigi secara merata.

4. Daun Salam

Tak hanya daun sirih yang bermanfaat untuk memutihkan gigi. Daun salam juga berfungsi sama. Itu karena daun salam kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan gigi. Kandungan itu terdiri dari minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, dan vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium hingga magnesium.

Semua kandungan tersebut sangat efektif untuk membuat gigi putih secara alami. Cara menggunakannya tidak terlalu susah. Anda hanya perlu menumbuk halus daun salam dan campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, tinggal gunakan saja sebagai pasta gigi.

5. Kulit Jeruk

Setelah makan jeruk, kulitnya jangan dibuang! Sebab, kulit jeruk ternyata juga berfungsi membuat gigi lebih putih. Itu karena kulit jeruk mengandung zat pektin dan minyak atsiri yang mampu membuat gigi putih. Tak hanya itu saja, kandungan pada kulit jeruk tersebut juga mampu menjaga kesehatan mulut.

Cara menggunakannya, Anda harus mengeringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering lebih dulu. Keringkan di bawah sinar matahari langsung untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal. Setelah itu, tumbuk dan campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Sama dengan daun salam, Anda hanya perlu menjadikannya sebagai pasta gigi saja.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga berguna untuk membuat gigi lebih putih. Caranya, Anda hanya perlu memeras buah tersebut dan campurkan airnya dengan segelas air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur untuk membuat gigi lebih putih dan bebas dari bakteri karena kandungan alkalinya yang membuat pH mulut seimbang.

Nah, itulah berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk memutihkan gigi. Ternyata, bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah, kan? Kalau Anda mau putih yang maksimal, sangat disarankan untuk menghindari atau mengurangi penyebab gigi kuning. Penyebab tersebut adalah mengonsumsi kopi dan teh belebihan, merokok, dan meminum soda.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.