Cara Mengatasi Bau Badan yang Ampuh pada Remaja

Perubahan hormon yang terjadi saat memasuki usia remaja akan membuat terjadi perubahan pada metabolisme tubuh, salah satunya ekskresi keringat. Produksi keringat berlebih pada remaja akan menyebabkan timbulnya bau badan, yang akan menurunkan rasa percaya diri. Namun tak perlu khawatir, berikut beberapa cara mengatasi bau badan yang ampuh pada remaja.

Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Pada dasarnya keringat tidak menghasilkan bau, bakterilah yang menyebabkan keringat menjadi bau. Bakteri pada kulit akan “memakan” keringat dan kemudian mengeluarkan hasil metabolisme. Hasil metabolisme inilah yang dipersepsikan oleh penciuman manusia sebagai aroma yang tidak sedap. Jadi, semakin banyak keringat maka tubuh akan semakin bau.

Salah satu bagian tubuh yang paling banyak menghasilkan keringat dan paling cocok bagi tumbuh kembang bakteri adalah ketiak. Jadi, dapat dikatakan bahwa ketiaklah bagian tubuh yang menyumbang bau badan paling besar. Cara paling efektif untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan deodoran atau antiperspiran.

Info penting !  Daftar Hotel Makassar yang Murah dan Lengkap

Deodoran dan antiperspiran memiliki kemampuan untuk menghambat dan membunuh bakteri, akibatnya tidak adanya hasil metabolisme bakteri yang dikeluarkan maka bau badan pun akan menghilang. Selain itu, antiperspirant juga dapat menghambat produksi keringat sehingga pertumbuhan bakteri akan semakin terhambat.

Jaga Kebersihan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bakteri merupakan penyebab utama bau badan. Oleh sebab itu, membersihkan tubuh secara rutin menggunakan sabun antibakteri merupakan cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau badan. Bagi seorang remaja yang memproduksi lebih banyak keringat, membersihkan tubuh harus dilakukan lebih sering.

Gunakan Pakaian yang Tepat

Bau badan tidak hanya disebabkan oleh tubuh itu sendiri, pakaian juga turut berkontribusi menyumbang bau. Keringat dan bakteri dapat menempel pada pakaian dan menyebabkan bau. Oleh sebab itu, bagi remaja sebaiknya sering-seringlah mengganti pakaian dan cuci pakaian dengan detergen dan jemur di bawah sinar matahari untuk mematikan bakteri.

Info penting !  Bagaimana Cara Pengaspalan Jalan yang Baik?

Pemilihan pakaian juga bisa membantu mengatasi bau badan. Pilihlah pakaian yang terbuat dari serat alami seperti katun. Bahan katun memiliki kemampuan menyerap keringat yang tinggi serta sirkulasi udara yang baik, sehingga keringat lebih cepat kering dan tidak menimbulkan bau badan.

Lakukan Relaksasi

Selain perubahan hormon, remaja juga rentan mengalami stres. Orang yang sedang stres akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Oleh sebab itu, lakukanlah relaksasi secara rutin, seperti yoga, meditasi atau terapi biofeedback (teknik untuk mengontrol detak jantung, tekanan darah, suhu dan fungsi tubuh lainnya).

Perhatikan Asupan Makanan

Beberapa makanan dapat menyebabkan bau badan, oleh sebab itu perhatikan juga asupan makanan. Makanan seperti bawang-bawangan, makanan pedas dan minuman beralkohol dapat meningkatkan bau badan. Selain itu, kandungan dalam rokok juga dapat menyebabkan badan menghasilkan aroma tidak sedap.

Info penting !  Cara Menghindari Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Namun, ada pula makanan yang dapat meminimalisir, seperti peterseli dan sayuran hijau lainnya. Pastikan juga asupan cairan tubuh terpenuhi. Hal tersebut dapat membantu menetralisir bau badan serta mengurangi stres yang dapat menyebabkan peningkatan produksi keringat.

Mencukur Rambut Ketiak

Pria umumnya lebih berpotensi memiliki masalah bau badan dibandingkan wanita. Hal ini disebabkan pria yang jarang mencukur rambut ketiaknya. Adanya rambut ketiak dapat menyebabkan kondisi ketiak lebih lembap, akibatnya bakteri lebih mudah tumbuh. Oleh sebab itu cukurlah rambut ketiak secara rutin atau setiap kali mandi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi bau badan yang efektif bagi remaja. Agar tetap percaya diri dan badan tidak mengeluarkan aroma tidak sedap, pastikan selalu menjaga kebersihan tubuh dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.