Cara Mengatasi Penyakit Lambung

Cara Mengatasi Penyakit Lambung

Penyakit lambung berupa asam lambung yang tinggi atau yang biasa dikenal dengan nama maag memang sering diderita oleh orang yang tidak makan dengan teratur. Penderita maag akan merasa perut tidak enak bahkan kalau sudah kronis rasa sakit atau asam lambung akan naik ke kerongkongan. Kalau punya penyakit maag sebaiknya segera diatasi dengan minum obat tetapi tidak jarang ada jenis maag yang sulit diobati hanya dengan obat. Berikut ini cara mengatasi asam lambung secara alami.

gambar dari indowarta.com

Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang terkenal dengan khasiat untuk menghangatkan tubuh tetapi ternyata jahe memiliki khasiat lain untuk mengobati penyakit maag. Dengan mengonsumsi jahe yang dibuat menjadi ramuan atau air rebusan jahe bisa menetralisir asam lambung sehingga asam lambung tidak naik. Jangan sembarang mengonsumsi jahe terlalu banyak. Dosis yang cukup untuk mengobati maag adalah 2 sampai 4 gram saja. Kalau melebihi dosis tersebut justru akan memperparah penyakit maag.

Info penting !  Macam Alergi Makanan Menurut US Food Gallery

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan terutama untuk kesehatan rambut. Tahukah kalau lidah buaya juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit maag? Cara mengonsumsi lidah buaya agar berkhasiat untuk menyembugkan penyakit maag adalah dibuat menjadi jus dan dikonsumsi setelah bangun tidur. Kandungan lidah buaya bisa meredam inflamasi yang terjadi di lambung.

Pisang

Pisang mengandung serat yang bisa melancarkan proses pencernaan. Tidak hanya melancarkan proses pencernaan tetapi bisa mengurangi produksi asam lambung karena mengandung zat antasida. Namun tidak semua orang bisa mengonsumsi pisang untuk mengatasi maag. Jika dirasa asam lambung semakin naik sebaiknya hentikan konsumsi pisang sesegera mungkin dan berobat ke dokter.

Info penting !  3 Tips Sederhana Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Baking Soda

Pasti banyak orang yang tidak mengira kalau baking soda bisa mengobati asam lambung. Kok bisa? Karena baking soda memiliki sifat basa yang mampu menetralkan asam. Cara mengonsumsi baking soda untuk mengobati maag adalah olah baking soda menjadi larutan seperti menyeduh teh atau susu dengan ukuran 1 sendok teh baking soda dengan segelas air putih. Aduk hingga merata lalu minum larutan tersebut secara rutin. Baking soda bisa dibeli toko kue atau toko penyedia bahan baku kue/roti.

Kunyit

Kunyit atau curcuma bermanfaat untuk mengobati penyakit asam lambung. Jamu kunyit yang bisa dibeli di penjual jamu atau membuat sendiri di rumah benar-benar mampu mengobati maag. Cara lainnya adalah merebus kunyit yang sudah dicincang dengan 1,5 gelas air selama 15 menit. Agar rasanya lebih enak bisa dicampurkan gula merah atau madu. Sebaiknya dicampur dengan madu karena madu juga berkhasiat untuk menyembuhkan maag. Minumlah jamu kunyit atau rebusan kunyit secara teratur.

Info penting !  Jenis Masker Wajah Alami

Penyakit maag bisa disembuhkan secara alami tanpa harus ketergantungan dengan obat yang mengandung bahan kimia. Selain menerapkan beberapa hal tersebut juga harus menjaga pola dan waktu makan agar tidak terlambat juga tidak mengonsumsi sembarang makanan. Penderita maag tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu pedas karena bisa membahayakan lambung.

Makanan juga sebaiknya lembek atau lunak. Jangan sering makan makanan yang keras karena lambung akan bekerja keras untuk mencerna makanan keras sehingga asam yang diproduksi lambung semakin tinggi. Kita sendiri yang tahu kondisi tubuh sehingga harus mengatur asupan dan waktu makan agar bisa segera sembuh dari penyakit maag yang menyengsarakan. Selamat mencoba!

Info lainnya:

  • cara agar cepat sembuh dari penyakit lambung

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.