Cara Mengobati Luka Diabetes Tanpa Diamputasi

Penyebab dari banyaknya kasus amputasi yaitu adanya gangren. Sementara gangren adalah luka yang disebabkan adanya tumpukan gula pada darah. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa untuk penderita diabetes akan sering mengalami kesulitan dalam penyembuhan lukanya, karena memang untuk luka diabetes ini berbeda dengan jenis luka pada umumnya.

Luka diabetes yang dialami oleh pasien seringkali menimbulkan rasa nyeri, bengkak dan disertai demam. Hal ini seringkali terjadi karena untuk luka tersebut disebabkan adanya bakteri yang bisa hidup tanpa adanya oksigen. Jika sirkulasi darah telah tertumpuk oleh gula, maka akan secara otomatis sirkulasi oksigen menjadi tidak lancar. Hal ini lebih memudahkan bakteri berkembang biak.

Berikut ini cara mengobati luka diabetes tanpa amputasi, yaitu: 

  1. Melakukan evaluasi pada luka

Luka harus dievaluasi secermat mungkin, tujuannya supaya pasien segera mendapatkan perawatan yang baik dan tepat. Dengan penanganan yang tepat maka akan membantu bakteri supaya tidak menyebar ke seluruh luka pada tubuh. Untuk informasi seputar evaluasi pasien diabetes, silahkan simak https://www.guesehat.com/cara-mengobati-luka-pada-pasien-diabetes.

  1. Selalu jaga kebersihan luka

Luka pada diabetes harus mendapatkan penanganan yang baik dan benar, terutama ketika Anda bepergian di suatu tempat yang mempunyai kebersihan buruk, maka perban harus diganti secara efektif. Selain menjaga kebersihannya, maka pasien penderita luka diabetes juga disarankan untuk tetap menjaga kelembaban pada lukanya. Dengan cara ini maka bakteri ataupun infeksi tidak akan mudah menyebar.

  1. Penuhi asupan vitamin K dan kalsium

Vitamin K dan kalsium memiliki peran yang sangat penting dalam penyembuhan luka diabetes. Pada saat mengalami luka, maka trombosit atau keping darah akan mengeluarkan enzim trombokinase yang nantinya akan menjadi protombin. Melalui bantuan vitamin K dan kalsium, maka protrombin dapat berubah menjadi trombin, sehingga luka akan mengalami penutupan dengan benang-benang fibrin.

Anda butuh berkonsultasi kepada dokter supaya bisa mendapatkan penanganan luka diabetes yang lebih tepat dan benar. Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan konsultasi, maka bisa mengunjungi www.guesehat.com. Melalui situs inilah Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis bahkan bisa berkonsultasi melalui online.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.