Cermat Sebelum Membeli Polis Asuransi

Polis asuransi diartikan sebagai dokumen resmi yang memuat kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah/klien/peserta) dengan pihak penanggung (perusahaan asuransi) menyangkut ketentuan-ketentuan pokok yang akan berlaku dan dipatuhi bersama oleh kedua belah pihak. Sebutan lainnya adalah surat kontrak asuransi atau sertifikat asuransi.

gambar dari mauasuransi.com

Apabila polis telah ditandatangani oleh kedua belah pihak, maka kedua belah pihak dianggap paham atas isi kesepakatan yang tertuang di dalam polis dan wajib menjalankannya. Artinya, tidak berlaku protes di kemudian hari untuk hal-hal yang telah tertera.

Oleh karena itu, sebelum membubuhkan tanda tangan, sebaiknya cermati dulu isi polis Anda. Adapun hal-hal penting yang perlu Anda pahami adalah sebagai berikut.

  1. Hak dan kewajiban kedua belah pihak. Selaku tertanggung, Anda berkewajiban membayar premi dan berhak mendapat proteksi. Selaku penanggung, pihak perusahaan berkewajiban memberikan protesi atas objek yang diasuransi dan berhak menerima serta mengelola premi yang dibayarkan pihak tertanggung.
  2. Besaran nilai polis yang harus dibayar oleh tertanggung dalam kurun waktu tertentu. Jangan sampai nilai yang tercantum dalam polis nantinya berbeda dengan pelaksanaanya.
  3. Manfaat produk asuransi yang ingin dibeli. Penjelasan dari agen asuransi mengenai manfaat produk asuransi yang ditawarkan hendaknya singkron dengan apa yang tertulis di dalam polis.
  4. Pengecualian yang dapat berlaku ketika kesepakatan dimulai. Pengecualian ini melingkupi segala sesuatu yang tidak termasuk standar pertanggungan dari perusahaan.
  5. Nomor polis. Nomor polis biasanya akan sering ditanyakan ketika Anda ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan asuransi Anda.
Info penting !  Beberapa Cara Cepat Kaya yang Efektif

Demikian beberapa hal yang perlu Anda cermati sebelum membeli polis. Bertindak cermat tentunya akan menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.