Contoh Resiko yang Tidak Ditanggung Oleh Asuransi Kendaraan Bermotor

Bukan jiwa dan kesehatan saja yang perlu dilindungi, tapi juga kendaraan bermotor Anda. Hal ini mengingat bahwa tingkat kecelakaan di jalan raya cukup tinggi, terutama di kota-kota besar, dan bisa terjadi kapan saja. Selain kecelakaan lalu lintas, risiko kerugian yang dikhawatirkan oleh pemilik kendaraan bermotor adalah kecurian dan kerusakan.

gambar dari mubasirinmuhammad.weebly.com

Oleh karena itu, membeli polis asuransi kendaraan bermotor merupakan suatu tindakan antisipasi yang sangat bijak atas kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Dalam aturan asuransi kendaraan, berlaku dua jenis pertanggungan, yakni all risk dan Total Loss Only (TLO). Perbedaan paling mencolok antara keduanya terletak pada nilai tanggungan. Pertanggungan all risk menjamin berapapun nilai kerugian yang dialami pemilik kendaraan, asal tidak melebihi batas pertanggungan. Sedangkan pertanggungan TLO baru diterapkan apabila kerugian melebihi 75% dari nilai pertanggungan yang disepakati di awal. Dengan kata lain, TLO tidak menanggunggung kerugian-kerugian kecil.

Info penting !  3 Asuransi Terbaik di Indonesia

Meski secara garis besar asuransi kendaraan dapat meringankan Anda dari risiko kerugian, namun asuransi berhak menolak klaim nasabah apabila kerugian tersebut tidak termasuk standar asuransi. Berukut beberapa contoh kerugian yang tidak ditanggung:

  • Barang-barang bawaan pada kendaraan yang dicuri atau rusak akibat kecelakaan.
  • Kendaraan yang dicuri karena tidak dilengkapi dengan standar keamanan yang baik. Misal kendaraan tidak dikunci.
  • Kendaraan yang dijalankan meski dalam keadaan rusak.
  • Kerusakan atau kecelakaan yang ditimbulkan oleh pengendara yang sedang belajar mengemudi atau tidak memiliki SIM.
  • Kendaraan yang mengalami kecelakaan karena kelebihan muatan atau melanggar rambu lalu lintas.

Itulah hal-hal yang tidak termasuk dalam tanggungan asuransi. Semoga dapat dipahami dengan baik.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.