Daftar Jasa Pengiriman Cargo di Indonesia

Hai, selamat datang di tulisan terbaru dari Main Makan. Di artikel ini kita akan membahas tentang daftar jasa pengiriman kargo yang ada di Indonesia.

Jasa pengiriman cargo adalah layanan mengirimkan barang dalam satu pulau atau antar pulau menggunakan armada darat, laut, ataupun udara dalam jumlah barang yang banyak dan bobotnya minimal 10 kilogram per paket barang yang dikirimkan.

Perusahaan Jasa Pengiriman Cargo

Berikut kami tuliskan beberapa jasa pengiriman cargo di Indonesia serta layanan yang ditawarkan.

  1. Kargo Technologies

Kargo Indonesia ini mengklaim dirinya sebagai marketplace layanan kargo di Indonesia yang mempertemukan antara calon pengguna jasa kargo dengan perusahaan penyedia pengantaran barang.

3 layanan yang ditawarkan oleh Kargo Technologies adalah:

  • Cargo udara, jasa pengantaran barang melau angkutan udara. Misalnya Lion Parcel. Layanan ini bisa mengantarkan barang dari Aceh hingga Papua dengan berat maksimal barang yang dikirimkan adalah 60 kilogram.
  • Cargo laut, untuk angkutan melalui laut, Kargo Indonesia menggunakan jasa Container dan Kapal Pelni. Menggunakan jasa ini anda bisa memilih layanan 1 kontainer hanya untuk barang kiriman anda atau menggunakan 1 kontainer bersama-sama dengan barang orang lain. Estimasi pengiriman menggunakan kargo jenis ini lebih lama sampainya daripada cargo udara.
  • Cargo darat, digunakan untuk pengantaran barang antar kota di dalam satu pulau menggunakan armada mobil box, truk engkel, truk cdd, truk tronton, truk fuso, wingbox, dan trailer.
  1. Deliveree

Perusahaan pengiriman yang beroperasi di 3 negara ini (Indonesia, Thailand, dan Filipina) memliki salah satu layanan untuk mengirimkan barang melalui jalur darat.

Salah satu layanan yang mereka tawarkan adalah jasa Full truck Load menggunakan armada darat seperti tronton, fuso berat, fuso ringan, mobil box/truk engkel, pickup, van, bahkan mobil ekonomi.

  1. Cargonesia

Jasa pengiriman Cargonesia ini memiliki layanan yang lengkap. Mulai dari jasa cargo laut, jasa cargo udara, jasa cargo darat, jasa cargo laut jalur cepat via kapal Pelni, jasa kirim mobil, jasa kirim alat berat, dan jasa cargo laut kontainer.

  1. Sentral Cargo

Penyedia layanan pengiriman barang ini berdiri sejak 2004 di Jakarta. Layanannya mencakup ekspedisi udara, ekspedisi darat dan laut.

Ekspedisi udaranya menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air. Mereka mengklaim lead time jasa pengiriman barang mereka hanya 1 hari saja.

Untuk ekspedisi laut, mereka menyediakan layanan antar pulau Sumatera dan pulau Jawa menggunakan kapal Pelni dan kapal Roro.

  1. Klik Logistic

Perusahaan pengantaran paket ini memiliki 3 kantor cabang utama di Jakarta, Bekasi, dan Surabaya. Layanan pengantarannya meliputi jasa kargo laut, jasa kargo udara, jasa pengiriman kontainer, jasa sewa pesawat, jasa pengiriman alat berat, jasa pengiriman mobil, dan jasa cargo darat.

  1. Sera Astra

Merupakan anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang transportasi atau layanan pengantaran barang melalui layanan SELOG (Sera logistik). Layanan yang ditawarkan meliputi Shipping Services (Pengiriman melalui armada laut), Freight Forwarding (Pengiriman alat berat), Pengelolaan dan penyimpanan barang, dan Courier Services (Pengiriman barang sampai tujuan)

Sekilas Info

Kolaborasi Toyota dan Sera

Pada hari senin 30/1/2020 TRAC Bus Services mendapat kepercayaan dari KEMENPAREKRAF sebagai angkutan tenaga paramedic dalam pandemi covid 19 mengingat bertambahnya kebutuhan mobilitas tenaga medis.

TRAC melayani kebutuhan paramedic di RS Persahabatan untuk mobilitasnya ke penginapan di salah satu hotel di daerah Rawamangun Jakarta Timur, dengan detail sebagai berikut ;

Unit yang digunakan adalah 1 Bigbus dan 1 Small bus hiace dengan spesifikasi dan standarisasi angkutan yang dibolehkan di masa PSBB dengan mengedepankan prosedur social distancing.

Jam operasional unit antar jemput tersebut adalah dari pukul 07.00 pagi s.d 09.00 malam, dengan melakukan 5 kali bolak balik dalam sehari
Unit yang di pakai juga telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan peraturan PSBB.

Driver dibekali dengan materi safety khusus dan juga dilengkapi dengan APD, selain itu juga diberikan pelayanan dan perhatian khusus terkait kelangsungan hidup dan kesehatan oleh pihak otoritas KEMENPAREKRAF.

Sekian tulisan kali ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.