Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Agar Terhindar Dari Kram Haid

Menurut Kongres Ahli Obstetri dan Ginekologi Amerika, lebih dari separuh wanita mengalami kram periode satu atau dua hari setiap bulan. Istilah medis untuk kram menstruasi yang parah dan periode menyakitkan disebut dismenore. Terlepas dari seberapa umum kondisinya di antara wanita yang sedang menstruasi, tahukah Anda bahwa kebiasaan, makanan, dan aktivitas tertentu justru dapat membuat kram Anda bertambah parah?

1. Makan Makanan yang Salah

Menstruasi akan lebih baik jika tetap memperhatikan apa yang Anda makan selama siklus menstruasi Anda. Makanan asin meningkatkan retensi air dan menyebabkan kembung, sedangkan makanan berlemak meningkatkan produksi prostaglandin, yang menyebabkan rahim berkontraksi. Makanan asin meningkatkan retensi air, dan semakin banyak Anda menahan air, semakin Anda kembung, yang menyebabkan kram yang menyakitkan. Makanan berlemak meningkatkan produksi prostaglandin. Prostaglandin adalah bahan kimia yang menyebabkan rahim berkontraksi. Lebih banyak kontraksi uterus sama dengan lebih banyak kram periode.

2. Kurang Olahraga

Olahraga yang sehat sebenarnya adalah cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan paling efektif. Bahkan jika Anda tidak merasakan keram di bulan itu, tetaplah lakukan latihan ringan seperti yoga atau pilates.

3. Tidak Cukup Tidur

Satu lagi alasan untuk tidur nyenyak: Kurang tidur menyebabkan stres, yang kemudian menyebabkan kortisol (dikenal sebagai hormon stres) dilepaskan. Kortisol secara langsung memengaruhi kelenjar hipofisis yang mengontrol kadar hormon Anda. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan periode yang lebih berat dan lebih menyakitkan.

4. Minum Kafein

Kopi, minuman ringan dan minuman berkafein lainnya dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut dan mengurangi aliran darah ke rahim. Kurangnya aliran darah ini dapat meningkatkan kram menstruasi Anda. Bahkan jika haid Anda mengidam tidak akan membiarkan Anda sepenuhnya mengurangi kafein, secara bertahap mengurangi asupan Anda mungkin membantu.

5. Merokok

Sama seperti kafein, nikotin menyebabkan pembuluh darah rahim mengerut. Ini memperlambat aliran darah ke rahimmu dan membuat kram haid yang menjengkelkanmu semakin parah.

Jika Anda mengalami kram parah selama periode Anda, gunakan travel heater pads dari Ifree Indonesia. Namun, kram yang berlebih bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius. Jadi jangan takut untuk berbicara dan tanyakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki masalah.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.