Inilah Manfaat yang Bisa Dirasakan dari Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang sudah sangat merakyat dengan masyarakat Indonesia, berbagai macam olahan makanan dan minuman yang bisa di buat dengan bahan dasar kacang hijau. Kacang hijau tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau. Namun tidak hanya untuk olahan makanan dan minuman saja, kacang hijau juga mempunyai berbagai macam kandungan dengan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Kacang hijau adalah salah satu tanaman palawija yang tidak membutuhkan banyak air seperti padi, sehingga kacang hijau bisa ditanam pada saat musim kemarau. Salah satu iklim tropis di Indonesia membuat banyak masyarakat yang ingin menanam kacang hijau. Kacang ini termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang biasanya dijadikan masakan seperti tauge atau bubur kacang hijau yang sudah terkenal dalam kehidupan masyarakat. Salah satu kandungan yang ada dalam kacang hijau yaitu kandungan protein nabati yang tinggi menjadi nilai tambah tersendiri bagi para penikmat masakan berbahan dasar kacang hijau ini. Kacang hijau merupakan jenis tanaman polong-polongan (Fabaceae) dengan kandungan gizi yang cukup tinggi seperti vitamin, protein, serat, kalsium, fosfor, dan lemak tak jenuh yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh manusia.

Kacang hijau bisa ditemukan di berbagai negara, terutama di negara-negara Asia. Di negara Indonesia sendiri sudah banyak olahan makanan seperti kue, sayur dan lainnya serta minuman jus, bubur dan lainnya yang menggunakan bahan dasar kacang hijau. Kacang hijau termasuk kedalam makanan super karena memiliki manfaat dan nilai nutrisi yang tinggi serta dapat diolah melalui berbagai cara mudah. Tidak hanya dalam kacang hijau, kecambahnya juga memiliki banyak kandungan enzim, nutrisi, dan antioksidan. Kecambah atau yang biasa disebut tauge dapat dimakan mentah sebagai sayuran biasa ataupun di olah dalam bentuk masakan. Agar merasakan manfaat yang baik dari kacang hijau sebaiknya kacang hijau tidak di masak terlalu matang, karena akan mengurangi kandungan gizi yang ada didalamnya. Selain itu air rebusan dari kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan membantu proses penyembuhan luka.

Info penting !  Jurus Jitu Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Beberapa kandungan yang ada dalam kacang hijau, yaitu :

  • Asam lemak esensial

Omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan mengandung omega 6.

 

  • Tinggi protein

Kacang hijau mengandung protein yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati.

  • Karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam kacang hijau adalah 19 gram atau 100 gram.

  • Tinggi serat

Mencegah konstipasi serta membuat pencernaan menjadi lancar.

  • Rendah lemak

Sangat cocok dikonsumsi untuk yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi.

  • Antioksidan

Kandungan Fitosterol dalam kacang hijau berfungsi untuk antioksidan.

  • Mineral

Kandungan mineral dalam kacang hijau yaitu besi, zinc, selenium, magnesium, phosphorus, manganese serta potasium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  • Vitamin

Kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B1, asam folat, Vitamin C, thiamin, riboflavin, B6, niasin dan pantothenat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi dalam tubuh.

Manfaat kacang hijau sangat baik dan dibutuhkan tubuh agar sistem kerja dan tubuh terasa baik, dari kandungan tersebut berbagai manfaat akan dirasakan, salah satunya untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit, seperti :

Diabetes

Untuk yang mempunyai sakit diabetes sangat disarankan mengkonsumsi kecambah, jika dibandingkan dengan kacang hijau utuh, kandungan karbohidrat dalam kecambah kacang hijau jauh lebih sedikit yaitu 4 – 6 gram. Oleh karena itu, kecambah termasuk dalam diet rendah karbohidrat. Selain itu kadar gulanya yang rendah, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi penderita sakit diabetes.

Info penting !  Mengatasi Anak Alergi Susu Sapi

Kanker

Kacang hijau hijau juga memiliki sifat anti kanker yang menghentikan pembentukan serta perkembangan tumor. Jika mengkonsumsi kacang hijau secara rutin maka dapat membantu dalam mencegah kanker payudara pada wanita.

Memperlancar Pencernaan

Pengolahan kacang hijau yang mudah membuat kacang hijau yang penuh manfaat ini sering menjadi masakan olahan setiap harinya. Kacang hijau mudah dicerna, oleh karena itu direkomendasikan untuk yang mempunyai sistem pencernaan lemah. Kandungan nutrisi dan serat didalamnya membantu dalam mencegah sembelit, gas dan perut kembung. Hal tersebut meningkatkan kesehatan usus dan menyembuhkan gangguan yang ada pada pencernaan.

Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan darah atau kondisi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh menjadi rendah dari jumlah normal biasanya. Masalah anemia tersebut dapat dicegah dan dikendalikan dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Kandungan zat besi didalamnya, membantu dalam menyembuhkan gejala anemia.

Kesehatan Jantung

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah sebagai kesehatan jantung. Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang mempunyai peran penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi secara rutin makanan yang menyehatkan salah satunya bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau memiliki kandungan protein nabati serta serat yang bagus bagi kesehatan jantung, sehingga nantinya aliran darah akan lancar di pompa oleh jantung keseluruh organ tubuh manusia.

Mengendalikan Berat Badan

Mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu dalam mengendalikan berat badan, karena memiliki kalori yang sedikit. Kacang ini mengandung serat yang membuat merasa kenyang ketika mengkonsumsinya, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah agar tidak makan berlebihan. Oleh karena itu, mengkonsumsi kacang hijau secara rutin akan mengurangi resiko terkena obesitas.

Info penting !  Cara Mengatasi Penyakit Lambung

Penyembuhan Luka

Kandungan Vitamin A dalam kacang hijau sangat membantu dalam proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh, sehingga ketika kulit terkena luka jaringan kulit akan cepat tertutup dan luka akan cepat kering.

Kesehatan Tulang Dan Gigi

Kandungan lain seperti phosphor dan kalsium dalam kacang hijau sangat membantu dalam pembentukan tulang dan gigi. Kecambah pada kacang hijau sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang karena vitamin K yang ada di dalamnya. Hal tersebut membantu dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Mengobati Keracunan Darah

Sepsis atau keracunan darah adalah kondisi yang memiliki potensi mematikan, dimana seseorang mengalami peradangan di seluruh tubuh sebagai hasil infeksi bakteri di dalam darah, , paru-paru, urin dan jaringan lainnya (bakteremia, kondisi dimana masuknya bakteri ke dalam darah). Kacang hijau membantu dalam mengobati penyakit sepsis karena sifat anti inflamasinya, bertindak untuk mencegah sepsis serta menyembuhkan peradangan dalam tubuh yang menjadi penyebab utama dari penyakit tersebut.

 

Berbagai macam kandungan menyehatkan serta manfaat baik untuk tubuh, sehingga mengkonsumsi secara rutin kacang hijau sangat disarankan, maka secara perlahan atau cepat manfaat tersebut akan dapat dirasakan. Olahan untuk kacang hijau memang menjadi makanan atau minuman favorit banyak individu, karena rasa dari berbagai olahan kacang hijau yang enak serta menyehatkan, Untuk mendapatkan informasi mengenai tip-tip kesehatan silahkan kunjungi situs kesehatanalami.co.id

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.