Jadi Favorit Banyak Orang, Ini Keisitimewaan Guinness Pint

Pernahkah kamu tahu bir hitam? Ataukah pernah mencobanya? Kemungkinan bis hitam atau biasa disebut dengan stout beer kurang populer di kalangan anak muda. Karena rasanya memang sedikit pahit dan warna yang kurang menarik. Atau bisa jadi stigma masyarakat yang terlanjur melekat “jika kamu minum br hitam, maka pasti kamu anak dewasa”. Memang sebenarnya tidak bisa dipungkiri, penikmat bir hitam biasanya memang orang-orang dewasa.

Harganya yang juga lumayan tinggi serta tingkat kadar alkohol yang memerlukan aturan untuk mengkonsusmsinya, menjadikan bir hitam ini sepi peminat. Tapi tahukah kamu? Meski begitu, penikmat bir hitam ini memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu bir yang hitam yang menjadi favorit para penikmatnya yaitu Guinnes Beer.

Bir merek ini memiliki keistimewaan tersendiri yang membuatmu penasaran untuk mencobanya. Selain itu untuk menikmatinya pun kamu dianjurkan untuk menuangkannya ke sebuah pint, dan nikmati selagi masih ada foam.

Proses Pembuatan yang Cukup Panjang

Bir Guinnes terdiri dari 4 bahan baku utama antara lain; barley dengan kadar mal tinggi, kuntum bunga hops betina, ragi dan air. Dalam proses pembuatannya, memerlukan 7 tahapan, yaitu:

  1. Tahap pertama: penggilingan

Pada tahap pertama, barley yang memiliki kadar malt tinggi ini selanjutnya akan dimasukkan ke dalam rumah penggiling Guinness. Kemudian baley akan dihancurkan yang tujuannya untuk mengeluarkan tepung dan serat yang terdapat didalam baley tersebut. Ketika bulir barley ini digiling, maka akan menjadi grist.

  1. Tahap kedua; penggerusan

Pada tahap ketiga, bulir barley yang sudah menjadi grist ini dicampur dnegan air panas kemudian disaring dengan menggunakan penggerus baja.

  1. Tahp ketiga: pemisahan

Hasil dari gerusan di tahap kedua akan dimasukkan ke dalam gentong pencampur. Gentong pencampur ini memiliki funsi sama seperti saringan raksasa untuk mengekstraksi gula dan air yang kemudian akan menyisakan bulir barley yang disebut dengan wort.

  1. Tahap keempat: pendidihan

Pada tahap keempat ini, kuntum bunga Hops akan ditambahkan ke dalam wort yang kemudian akan didihkan dan didiamkan.

  1. Tahap kelima: fermentasi

Setelah wort tersebut didiamkan, selanjutnya dialirkan ke pendingin. Pada tahp ini ragi arthur mulai beraksi. Tahap ini disebut dengan tahap fermentasi, diaman ragi mulai bekerja.

  1. Tahap keenam; penyempurnaan

Setelah ragi tersebut mengubah gula menjadi alkohol dan gas CO2, kemudian didiamkan untuk di tahp penyempurnaan. Tahap ni merupakan tahp terpenting yang harus diperhatikan. Karea dengan mendiamkan semua bahan-bahan yang digunakan, dapat memperoleh keseimbangan dan konsistensi cita rasa sesuai keinginan.

  1. Tahap ketujuh: pengemasan

Tahp ini merupakan tahap akhir dimana bir akan dikemas dan diberi label.

Varian Guinness Beer

Saat ini Guinness Beer yang beredar telah memiliki 3 varian, diantaranya:

  1. Extra Stout

Bir ini merupakan jenis pertama dari Guinness Beer, varian original ini masih setia dengan beberapa penikmatnya.

  1. Draugt

varian Guinness yang satu ini sedikit memiliki aroma cita rasa yang sedikit berbeda dari bir Guijnnnes originalnya.

  1. Foreign Extra Stout

Varian Guinness Beer yang satu ini memiliki cita rasa yang manis sekalugus pahit. Rasanya masih khas dengan bir hitam pada umunya, dengan kekhasan dari Guinnes ditambah dengan rasa manis. Varian yang ini sebenarnya maish cocok dinikmati kalangan anak muda.

Cara Menikmati Guinness Bir

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu perlu untuk mengikuti anjuran untuk menikmati Guinness Beer ini. Berikt langkah untuk menikmati Guinness Beer

  1. Untuk terlihat lebih elegant, gunakan gelas pint. Karena Guinness Beer memang cocok dengan menggunakan pint glass.
  2. Kemudian pegang gelas dnegan kemiringan kira-kira 45 derajat
  3. Untuk pengisian pertama, tarik tap pada Guinness ke arah bealakang
  4. Tuang Guinness Beer sebanayak 80 persen dari isi pint
  5. Untuk menyemprnakan, kamu perlu mendiamkan bir selama 119.5 detik. Lenih bagus lagi bila tepat waktu 119,5 detik.
  6. Tuang kembali Guinness Pint ini untuk penuangan kedua dengan cara tarik tap ke arah depan.
  7. Selanjutnya tuangkan bir dengan gerakan memutar secara merata
  8. Bila langkah-langkah ini dikerjakan dengan cermat dan tanpa terlewat, kamu akan menikmati bir ini dengan rasa yang tidak akan kurang sedikit pun.

Guinness pint merupakan bir yang sedikit berbeda dari bir pada umunya. Cita rasa yang pahit tidak akan membuatmu bosan dalam menikmatinya. Selamat mencoba!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.