Keindahan Masa Lalu di Sumba

Wilayah yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Destinasi anti mainstream yang membawa pengunjung kembali ke masa lampau ini semakin populer karena banyak artis dan selebgram yang berwisata ke sana. Sumba akan membuat para pengunjung lupa tentang keindahan tempat lainnya karena keindahan Sumba tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Berikut ini beberapa objek wisata unggulan di Sumba.

Desa Adat Ratenggaro

Desa adat Ratenggaro berada di Desa Umbo Ngedo Kecamatan Kodi Bangedo, sekitar 40 km dari Tambolaka. Belum ada angkutan umum untuk menuju lokasi ini sehingga harus menyewa mobil atau jasa travel dari Tambolaka dengan perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam. Suasana desa adat ini akan membawa flashback memory zaman megalithikum karena terdapat banyak kuburan batu tua. Nama Ratenggaro berasal dari kata ‘Rate’ artinya kuburan dan ‘Garo’ yang artinya orang-orang Garo. Dahulu desa ini dihuni oleh suku Garo sehingga diberi nama demikian. Namun sebagian besar orang Garo tewas karena perang antar suku pada waktu itu. Sekitar 304 kubur batu dan 3 dari 304 kuburan itu berbentuk unik dan terletak di pinggir laut. Ciri khas desa ini adalah rumah adat yang bernama Uma Kelada dengan bentuk seperti menara yang menjulang tinggi hingga 15 meter.

Info penting !  Tidore yang Membikin Betah Wisatawan

Pantai Mbawana

Pantai Mbawana di kecamatan Kodi Balagahar ini berjarak sekitar 59 km dari Bandara Tambolaka dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Pemandangan khas yang disuguhkan adalah tebing bolong di sekitar pantai sehingga kerap disebut juga pantai batu bolong. Sewa mobil yang bentuknya agak tinggi atau jeep karena akses jalannya berbatu. Saat tiba di lokasi, para pengunjung harus menuruni 300 anak tangga dan melelahkan saat pulang karena harus menaiki 300 anak tangga lagi.

Pantai Walakiri

Pantai ini berada di Desa Watumbaka Kecamatan Pandawai yang berjarak sekitar 24 km atau dapat ditempuh selama 30 menit dari pusat kota Waingapu. Area pantai ini cukup dekat dari jalan raya menuju arah Melolo. Momen terindah di pantai ini adalah sunset yang banyak diakui oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karena panorama matahari berwarna jingga dengan pohon-pohon bakau yang bentuknya unik seperti para penari. Keunikan lain dari pantai ini adalah 2 jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan di area bekas laut yang surut. Pasir di tepi pantai seperti pasir pantai pada umumnya berupa butiran berwarna putih gading. Sedangkan pasir di area bekas laut yang surut seperti bedak atau semen basah yang mengering dan mengeras.

Info penting !  Tidore yang Membikin Betah Wisatawan

Pantai Watu Parunu

Pantai ini berada di ujung timur Pulau Sumba sehingga jaraknya sangat jauh dari pusat kota Waingapu. Pantai Watu Parunu terletak di Desa Lain Janji Kecamatan Wulla Waijelu. Perjalanan panjang akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan pantai ini. Hamparan pasir putih, ombak yang beriringan, dan air laut yang jernih pasti memanjakan mata siapapun yang memandang.

 

Ciri khas pantai ini adalah tebing batu putih yang tersusun oleh beberapa jenis batuan di ujung timur pantai. Bentuk tebing tersebut meliuk-liuk seperti ombak di laut. Saat air laut surut, tebing batu ini bisa dicapai dengan melewati sebuah batu besar yang berlubang. Nama Watu Parunu berasal dari kata Watu yang artinya Batu dan Parunu artinya Menunduk. Setiap orang yang melewati batu berlubang itu harus menunduk sehingga pantainya diberi nama seperti itu. Pantai ini belum terkenal seperti Pantai Walakiri sehingga sangat cocok untuk didatangi jika butuh ketenangan. Hanya suara ombak yang terdengar bagaikan alunan musik yang syahdu.

Info penting !  Tidore yang Membikin Betah Wisatawan

Sumber : rekreasialam.co.id

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.