Kenali Gejala Penyakit Pada Kanker Otak

Hai, selamat datang di tulisan terbaru dari Main Makan. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang gejala penyakit kanker pada otak.

Otak ialah organ yang perannya sangat penting dalam mengelola berbagai sistem dalam tubuh. Kegunaan otak mencakup mengatur suhu tubuh, gerakan tubuh, dan produksi hormon. Selain itu, otak juga mengatur kecerdasan, emosi, dan ingatan, serta mengartikan informasi yang diterima oleh lima indra.

Saat seseorang menderita kanker otak, fungsi kerja dari otak akan terhambat. Hambatan itulah yang disebut sebagai gejala dari kanker otak. Faktor deteksi awal dari kanker otak menentukan keberhasilan dalam pengobatan sakit ini.

Definisi Kanker Otak

Pertumbuhan sel-sel tidak normal yang bersifat agresif pada otak disebut sebagai kanker otak. Jenis sakit ini cenderung berkembang dengan cepat, bisa menjalar ke anggota tubuh lain, bahkan bisa muncul lagi meskipun sudah dioperasi pengangkatan. Kanker otak ada 2 jenis dilihat dari asalnya, kanker otak primer yang berasal dari kanker yang tumbuh di otak itu sendiri dan kanker otak sekunder yang berasal dari kanker di bagian tubuh lain dan merambat ke otak melalui pembuluh darah.

Berikut berbagai gejala kanker otak

  • Gangguan bicara.
  • Mual dan muntah.
  • Sering merasa kebingungan.
  • Sakit kepala parah yang sering terjadi dalam waktu singkat.
  • Pandangan mata kabur.
  • Gangguan memori ingatan atau suasana hati yang berubah-ubah.
  • Sering mengantuk.
  • Mengalami kelumpuhan pada satu bagian tubuh.
  • Kejang.
  • Sulit konsentrasi.
  • Kelelahan yang menetap.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Otak

Kebanyakan kanker otak penyebabnya adalah dari penyakit atau kanker di bagian tubuh lain yang menyebar ke otak melalui aliran darah. Misalnya di dapat dari kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit tipe ganas, atau kanker usus besar. Kalau untuk kanker otak ganas, pemicunya adalah dari tumor jinak yang ada di otak kemudian tumbuh menjadi kanker. Penyebab dari hal ini belum diketahui.

Faktor risiko yang bisa memicu kanker otak

  • Berumur lebih dari 50 tahun, namun tidak menjamin usia yang lebih muda tidak terkena kanker ini.
  • Keadaan genetik tertentu.
  • Ada sejarah anggota keluarga mengidap tumor otak.
  • Mengalami radiasi radioaktif di kepala.

Cara Memastikan Seseorang Terkena Kanker Otak

Cara terbaik untuk memastikan kanker otak adalah langsung datang ke dokter. Karena gejala di atas juga bisa terjadi pada jenis penyakit lain seperti pendarahan otak, stroke, atau infeksi otak.

Dokter akan memeriksa secara detail, mulai dari mengevaluasi gejala yang dirasakan, melakukan pengecekan fisik, serta melakukan pengecekan tambahan berupa pemindaian otak, yaitu CT scan, PET scan, dan MRI otak. Bila dibutuhkan, dokter juga akan merekomendasikan pemeriksaan biopsi jaringan otak, untuk menentukan tipe dan stadium kanker.

Setelah diagnosis kanker otak dipastikan, tahap pengobatannya bisa dengan operasi pengangkatan kanker otak, kemoterapi, dan radioterapi. Selama melakukan tahapan pengobatan kanker otak, pasien akan memerlukan berbagai terapi pendukung, misalnya terapi gizi, terapi rehabilitasi medik (fisioterapi), dan psikoterapi.

Waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan?

Jika merasakan beberapa ciri dari kanker otak yang sudah disebutkan sebelumnya, yang rasa sakitnya sering atau semakin parah, bahkan mengganggu rutinitas suspek kanker otak, lebih baik segera mungkin periksakan ke dokter spesialis neurologi untuk memastikan apakah gejala yang dialami merupakan kanker otak atau hanya sakit biasa.

Bagaimana info tentang gejala penyakit pada kanker otak ini? Pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.