Lebih Untung Menabung di Bank atau Asuransi?

Sejauh ini, sebagian besar orang masih menganggap bank adalah tempat berinvestasi yang paling aman dan nyaman. Nasabah bisa melakukan transaksi kapan saja, baik itu menyetor atau menarik dana kapan saja. Kecuali untuk rekening deposito.

Namun, tahukah Anda bahwa asuransi juga termasuk bentuk investasi yang mudah dan menguntungkan?

gambar dari www.finansialku.com

Sistem asuransi pada pada dasarnya identik dengan sistem deposito di bank. Dimana dana yang disetorkan nasabah tidak bisa sewaktu-waktu dicairkan. Jadi secara garis besar keduanya dapat digolongkan simpanan jangka panjang.

Info penting !  Perhitungan Nisab Zakat Mal

Bedanya, di asuransi nasabah tidak perlu menyetor dana sekaligus sebagaimana deposito. Nasabah hanya perlu melakukan setoran rutin setiap bulan seperti halnya membayar iuran BPJS. Besar nominal dan jangka waktunya berbeda-beda. Pilihannya dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah dalam membayar.

Keuntungan paling nyata berinvestasi di asuransi, nasabah bukan hanya bisa menyimpan dana, tapi juga mendapatkan proteksi kesehatan. Dana memang tidak bisa ditarik/dicairkan sewaktu-waktu, akan tetapi ketika nasabah sakit dan membutuhkan biaya pengobatan, asuransi akan meng-cover biaya perawatan dan rawat inap nasabah.

Sedangkan pada produk deposito, bank tidak berkewajiban memberikan proteksi kesehatan pada nasabahnya. Jadi nasabah hanya bisa mengendapkan dananya dan mendapatkan bunga. Sementara rata-rata suku bank per tahun hanya 5.5%. Itupun bisa merosot kapan saja.

Jika nilai saldo deposito Anda di bawah 50 juta, tentu pertambahannya saldonya seakan tidak terasa. Sementara di asuransi, nasabah bisa mendapatkan double profit yakni bunga dan dana proteksi kesehatan.

Info penting !  3 Asuransi Terbaik di Indonesia

Apabila nasabah asuransi tidak pernah melakukan klaim karena tidak pernah sakit atau dirawat inap, maka dana yang tertahan bisa dicairkan bulat-bulat pada jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Dari penjelasan singkat di atas, mana yang jadi prioritas Anda?

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.