Macam Alergi Makanan Menurut US Food Gallery

Makanan menjadi salah satu faktor yang seringkali menyebabkan alergi. Alergi makanan merupakan reaksi yang muncul akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespon protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai satu ancaman. Macam alergi makanan dapat dibagi menjadi 3 jenis, pembagian ini berdasarkan zat pemicu dan jangka waktu muncul gejala yaitu, immunoglobulin E, non imunoglubulin E, dan gabungan keduanya. Immunoglobulin E merupakan salah satu zat antibodi yang ada didalam sistem kekebalan tubuh. Gejala yang muncul akibat alergi makanan yang dipicu produksi zat ini akan muncul tidak lama setelah penderita makan. Gejala gejala tersebut berupa ruam merah dan gatal pada kulit. Sedangkan gejala yang dipicu oleh zat antibodi non Imunoglobulin E akan muncul dengan rentang waktu yang lebih lama daripada immunoglobulin E, gejala non imunogolbulin E biasanya akan muncul ber jam jam setelah penderita makan. Jenis yang terakhir yakni alergi makanan yang dipicu oleh kombinasi immunoglobulin E dan non immunoglobulin E. orang dengan jenis alergi ini akan merasakan gejala dari kedua jenis alergi sebelumnya.

Macam macam alergi makanan dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari faktor keturunan, alergi lain yang menyertai penderita, kekebalan tubuh, dan usia. Anak anak memang lebih rentan terkena alergi dibandingkan dengan orang dewaa. Selektivitas penyerapan zat makanan pada organ pencernaan bayi dan balita masih rendah.

Info penting !  Inilah Manfaat yang Bisa Dirasakan dari Kacang Hijau

Beberapa alergi akan menghilang denga sendirinya seiring dengan berkembangnya organ tubuh, tetapi adapula yang muncul kembali saat ia dewasa dan alergi bisa saja menetap seumr hidup. Tidak semua jenis makanan dapat menyebabkan alergi. US Food Gallery telah merangkum 8 jenis makanan yang menjadi 90 persen penyebab alergi makanan :

1. Susu sapi
Alergi terhadap protein susu sapi seringkali dijumpai pada anak anak. Alergi susu sapi mempengaruhi 2 hingga 3 persen bayi di negara maju. Sebanyak 90 persen dari anak anak penderita alergi susu sapi akan sembuh saat berusia 4 tahun.

2. Telur
Macam alergi makanan selanjutnya adalah telur. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak menyebabkan alergi. Baik dalam roti sebagai campuran, telur utuh, maupun makanan dengan campuran telur lainnnya. Jenis jenis telur yang menyebabkan alergi pun berbeda beda, mulai dari telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur bebek, telur puyuh, dan sebagainya. Alergi telur biasanya diidap oleh anak anak dan akan sembuh dengan sendirinya pada usai 5 tahun, tetapi bisa jadi alergi telur akan berlanjut hingga dewasa. Selain makanan, anda yang memiliki alergi terlur juga harus berhati hati terhadap vaksin. Beberapa vaksin mengandung protein telur yang dapat memicu reaksi alergi pada diri anda. Vaksin yang biasaya mengandung protein telur adalah vaksin flu.

Info penting !  Jurus Jitu Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

3. Kacang pohon
Kacang pohon mencakup sebagian besar jenis kacang yang sering dikonsumsi seperti, almond, walnut, kacang mede, kacang macadamia, kacang brazil, dan lain lain. Alergi terhadap kacang umumnya terjadi pada anak anak

4. Gandum
Menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi, nyatanya gandum dapat mengakibatkan alergi. Alergi terhadap salah satu makanan pokok dibelahan bumi bagian barat ini umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun alergi gandum juga dapat terjadi pada anak anak. Alergi ini bahkan banyak diderita kurang lebih sebanyak 25 persen dari seluruh alergi makanan. Ada masalah yang terkait dengan alergi gandum, yakni penyakit celiac. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyerang usus kecil setipa kali protein gluten (pada gandum) tertelan. Gluten hadir dalam jumlah besar pada gandum, rye, dan barley.

Info penting !  Mengatasi Anak Alergi Susu Sapi

5. Kacang tanah
Tidak hanya kacang pohon, kacang tanah juga memiliki eksistensi dalam menyebabkan alergi pada seseorang. Protein kacang sangat mahir dalam memprovokasi sistem kekebalan tubuh menjadi serangan yang mematikan. Gejala yang seringkali muncul akibat alergi kacang adalah jerawat bahkan sesak napas yang dapat menyebabkan kematian.

6. Ikan
Kenyatannya, ikan memang dapat menyebabkan alergi. Makanan laut dapat menjadi alergen yang kuat bagi beberapa orang. Alergi makanan laut biasanya akan berlangsung seumur hidup

7. Crustacean dan molusca
Macam alergi makanan ini biasanya diderita oleh orang dewasa. Alergi crustacean dan molusca adalah alergi terhadap makanan laut berupa kepiting, udang, dan lobster (crustacean) dan alergi terhadap cumi cumi, kerang, remis, dan tiram (molusca) dan hanya 14 persen orang yang menderita alergi makanan terhadap kedua hal tersebut.

8. Kedelai
Kedelai menjadi salah satu penyebab alergi yang seringkali dijumpai pada anak anak. Alergi ini biasanya dimulai ketika anak mulai mengonsumsi susu formula dengan kandungan kacang kedelai. Alergi terhadap kedelai dapat sembuh pada usia 3 tahun, tetapi ada juga yang berlanjut hingga dewasa

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.