Memahami Perbedaan Asuransi Swasta dengan BPJS

Tak dapat dipungkiri, masyarakat cukup terbantu dengan adanya BPJS. Jika dulu untuk berobat saja sulit, kini bisa terasa lebih ringan karena sebagian besar layanan kesehatan ditanggung oleh BPJS. Namun, apakah BPJS merupakan satu-satunya penjamin terbaik yang dapat diandalkan suatu waktu?

gambar dari microsimple.github.io

Bagi sebagian orang ya, selebihnya tidak. Sebab, selain BPJS ada perusahaan asuransi swasta yang umumnya mampu memberikan layanan terbaik di atas BPJS. Akan tetapi, iuran per bulannya jelas jauh lebih besar. Jika BPJS menetapkan iuran tertinggi senilai Rp 80.000,-/bulan, perusahaan asuransi swasta bisa menetapkan iuran terendah senilai Rp 300.000,-/bulan

Info penting !  3 Asuransi Terbaik di Indonesia

BPJS menerapkan aturan sistem rujuk dari fasilitas kesehatan tingkat terendah terlebih dahulu seperti puskesmas atau klinik dokter umum yang telah bekerja sama dengan BPJS. Jadi peserta tidak bisa langsung memilih rumah sakit atau dokter spesialis yang diinginkan.

Aturan tersebut tidak berlaku pada asuransi swasta. Ketika ingin berobat, peserta tinggal tuju rumah sakit mana saja dan bisa langsung ditangani oleh dokter spesialis. Bahkan tak menuntup kemungkinan jika ingin berobat ke luar negeri. Semua biaya akan di-cover oleh pihak asuransi asal tidak melebihi plafond.

Perbedaan lain terlihat dari klaim asuransi. Peserta BPJS tidak bisa mengajukan klaim pencairan dana sekalipun rutin membayar iuran setiap bulan dan tidak pernah sakit. Ketentuan ini dilatarbelakangi karena adanya konsep subsidi silang. Sedangkan pada asuransi swasta, peserta yang tidak pernah menggunakan layanan asuransinya untuk berobat, maka akumulasi dari iuran yang dibayar setiap bulan bisa ditarik ketika sudah jatuh tempo.

Info penting !  Jual Beli Mobil Online

Itulah perebedaan paling signifikan antara jaminan kesehatan dari BPJS dengan asuransi swasta. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan kesanggupan Anda membayar iuran.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.