Membangun Lebih Cepat dengan Beton Instan

Beton instan salah satu penemuan terbaik dalam dunia konstruksi. Dengan bahan ini proses pembuatan beton yang ribet bisa dipangkas. Karena beton instan pembuatannya cukup mencampurkan bahan baku dengan air.

gambar dari anekabangunan.com

Beton instan adalah bahan campuran siap pakai yang terdiri dari campuran semen, pasir, agregat, dan bahan lain yang sudah dikemas dalam karung kemasan.

Umumnya beton instan terdiri dari beberapa tipe sebagai berikut :

  • B0 yaitu beton instan yang digunakan untuk lantai kerja.
  • K 175 yaitu beton instan yang digunakan untuk melakukan pengecoran non struktur.
  • K 225 – K 550 atau K-100 sampai dengan K-500 ialah jenis-jenis beton instan yang digunakan untuk struktur bangunan seperti kolom, balok, dinding beton dan juga plat lantai.
  • Kualitas Khusus ialah beton instan yang kadar mutunya disesuaikan dengan permintaan pengguna.

Selain pembuatan beton yang sederhana, apa saja keunggulan yang lain dari beton instan ini?

Proses pembuatan lebih mudah

Pembuatan beton instan ini dilakukan dengan mesin yang disebut concrete plan sehingga bahan-bahan yang tercampur dari proses pengolahan sampai pengemasan sangat tepat. Sehingga akan memudahkan saat proses pengecoran. Berbeda dengan beton konvensional yang proses pembuatannya sederhana sehingga kualitasnya kadang bisa berbeda-beda.

Pengguna bisa memilih kualitas beton yang diinginkan

Saat pencampuran dan pengolahan bahan-bahan produsen bisa membuat berbagai beton instan dengan kualitas yang berbeda yang bisa dipilih oleh pengguna. Jadi pengguna lebih leluasa mencari kualitas yang diinginkan disamping kualitas beton instan yang sudah disediakan oleh produsen.

Kualitas beton terjaga

Beton instan memiliki kelebihan daripada beton konvensional. Karena saat proses pengolahannya dengan mesin yang canggih, kualitas dari beton instan dipastikan bisa terjaga. Karena saat proses pembuatan beton instan kadar setiap bahan yang digunakan sudah diukur dan dipastikan kualitasnya.

Proses pembuatan cor lebih cepat

Keunggulan dari beton instan adalah membantu proses pengecoran lebih cepat. Karena beton konvensional sangat lama dalam proses pengolahan cor, maka dengan beton instan ini waktu pembuatan beton bisa dipangkas lebih singkat.

Dapat digunakan sebagai produk untuk memperbaiki sesuatu atau untuk penebalan kolom atau balok

Salah satu fungsi ini tentu cukup menolong proses pembangunan agar bisa selesai lebih cepat. Misal dalam pembangunan suatu dinding gedung yang ternyata ketebalannya kurang dari spesifikasi yang ada, maka dengan beton instan ini anda bisa melakukan penebalan dinding langsung.

Efektif dan efisien dalam hal pengangkutan dan penyimpanan

Beton instan ini biasanya langsung dikirim dari pabrik memakain kendaraan khusus ataupun dalam kemasan karung (untuk jumlah kecil). Tentu dengan hal ini, anda tidak akan repot memikirkan tempat untuk menyimpan beton instan tersebut.

Lebih bersih karena tidak terlalu banyak debu dan kotoran seperti beton konvensional

Salah satu orang menggunakan beton instan ialah faktor kesehatan dan ramah lingkungan

Harga yang terjangkau

Beton instan ini berlaku murah hanya bagi pengerjaan cor skala besar, misal pembangunan ruko. Karena untuk skala kecil, misal pembuatan rumah sederhana dirasa lebih cocok menggunakan beton konvensional.

Bisa untuk berbagai jenis bangunan

Disamping lebih praktis, beton instan bisa diaplikasikan untuk berbagai bangunan seperti dinding, dak, atau lantai. Jadi anda tidak akan pusing lagi untuk menentukan berapa banyak bahan yang digunakan selain bahan dari beton instan. Cukup menggunakan beton instan untuk membuatnya.

Dari ulasan keunggulan beton instan di atas, anda bisa menggunakan beton instan dari Indokon yang terkenal dan teruji kualitas dan mutunya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.