Mengatasi Anak Alergi Susu Sapi

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi dan diberikan pada anak-anak. Namun pada kenyataannya memang tidak semua anak bisa mengkonsumsi susu sapi karena beberapa alasan utama. Orang tua yang ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk anaknya tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencarikan banyak makanan dan vitamin serta kandungan gizi lainnya yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Namun bagi beberapa anak, mengkonsumsi susu tidak begitu cocok untuk kondisi pencernaan anak. Sehingga bisa dikatakan bahwa anak alergi susu sapi sama sekali tidak bisa mengkonsumsi susu sapi dalam bentuk apapun.

gambar dari hellosehat.com

Sebenarnya jika anak anda termasuk salah satu anak yang menderita alergi, anda tidak perlu khawatir. Bagi anak alergi susu sapi masih bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat dengan catatan berikut:

  • Apabila terpaksa harus memberikan anak susu formula, maka anda bisa mencoba untuk memberikan jenis susu yang tergolong hypho alergenic. Sebab jenis susu yang satu ini tentu lebih bersahabat dengan kondisi kesehatan anak yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi. Setidaknya jenis protein yang terkandung di dalam susu hypoalergenic ini minimal akan membuat tubuh anak masih bisa menerima protein yang terdapat di dalam susu tersebut. Selain itu, jenis protein dari susu yang hypialergenic sudah dipecah-pecah menjadi beberapa bagian sehingga lebih mudah dicerna oleh sistem metabolisme anak yang memiliki riwayat alergi.
  • Berikan nutrisi yang mencukupi. Secara keseluruhan, anak yang memiliki riwayat alergi terhadap protein susu sapi memiliki kecenderungan untuk mengalami kekurangan vitamin d dan juga kalsium. Salah satu cara untuk mensiasati kurangnya vitamin d pada anak yang mengalami alergi terhadap protein susu sapi adalah dengan cara berjemur. Biarkan anak mendapatkan kecukupan vitamin d yang berasal dari sinar uv dari matahari. Vitamin d yang didapatkan anak ketika sering mendapatkan sinar matahari maka kecukupan vitamin d anak akan lebih baik. Jika vitamin d bisa di dapatkan dalam jumlah yang cukup maka bukan tidak mungkin kalsium dapat terserap dengan baik ketika mengkonsumsi nutrisi yang tepat.
  • Buatkan daftar makanan yang tinggi akan kalsium untuk membantu tumbuh kembang anak. Terutama untuk proses pertumbuhan tulang dan gigi yang sangat rentan terhadap keropos dan patah. Konsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti mengkonsumsi ikan salmon menjadi salah satu pengganti yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada anak. Sehingga dengan memenuhi kecukupan ini disertai dengan kecukupan vitamin d maka anak-anak akan tumbuh dengan lebih sehat serta tulangnya menjadi lebih kuat. Itulah mengapa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium ditambahkan dengan pemenuhan kecukupan vitamin d yang baik akan membantu tubuh anak mampu menyerap sumber kalsium lainnya selain susu yag membantu pertumbuhan anak.
Info penting !  Macam Alergi Makanan Menurut US Food Gallery

Memang kecenderungan anak alergi susu sapi memiliki keluhan kekurangan kalsium. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada susu tentu saja menjadi salah stu penolong dan juga pencegah tubuh anak kekurangan vitamin d. Indikator dari beberapa metode diagnosa yang bisa dilakukan untuk mengetahui bahwa anak anda menderita alergi pada susu sapi adalah dengan cara mengecek kepadatan tulangnya. Sebab susu merupakan makanan sumber kalsium yang cukup baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Anak-anak yang tidak memiliki kecenderungan terhadap alergi susu sapi maka kepadatan tulangnya lebih baik dibandingkan dengan anak yang alergi terhadap susu sapi. Akan tetapi jika tertangani dengan baik, kepadatan tulang anak sama sekali tidak akan terganggu karena memang sudah tertolong dengan adanya makanan sumber kalsium. Proses penyerapan kalsium di dalam tulang yang terjadi dengan baik biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi kalsium dapat terserap dengan baik ketika anak mendapatka kecukupan vitamin d. Ssebab vitamin d merupakan pengikat yang kuat untuk kalsium dapat terserap dengan baik. Oleh karenanya pada kasus yang satu ini, anak yang terpenuhi kecukupan vitamin d maka tidak akan mengalami kondisi kekurangan kalsium.

Kasus anak alergi susu sapi sebenarnya bukan lagi merupakan kasus yang awam. Banyak dari anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan memerlukan kalsium yang cukup banyak yang berasal dari susu. Susu yang merupakan makanan sumber kalsium sebenarnya bukan merupakan barang baru lagi. Sehingga kebanyakan orang tua akan berusaha untuk memberikan susu sapi kepada anaknya untuk menolong ketersediaan kalsium di dalam tubuh anak. Terutama pada tulang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan maksimal. Meskipun anak mengalami alergi terhadap protein susu sapi, namun jika diberikan nutrisi yang tepat dalam jumlah yang mencukupi maka hal ini akan menolong anak agar bisa tumbuh dengan maksimal seperti anak-anak lainnya yang tidak mengalami alergi pada susu sapi.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.