Perhitungan Nisab Zakat Mal

Sebagai seorang  muslim, tentu saja ada beberapa kewajiban yang memang harus kita jalani, dan salah satu kewajian  tersebut  adalah dengan membayarkan yang namanya zakat mal. Apalagi membayar zakat ini pun menjadi salah satu rukun islam.

Lalu bagaimanakah untuk Perhitungan nisab zakat mal tersebut, dan apasajakah syarat dari membayar zakat mal tersebut. Untuk itu kami akan mencoba membahas dan juga memberikan informasinya kepada anda,  mengenai  seluk   beluk    dari   nisab zakat mal ini. Berikut  ini  merupakan syarat-syarat yang harus di miliki bagi mereka yang akan membayar zakat mal, diantaranya yaitu :

  1. Beragama islam
  2. Merdeka
  3. Tidak gila alias berakal
  4. Sudah baligh
  5. Memiliki nishab.

Perhitungan nisab zakat mal sendiri adalah ukuran atau bisa dibilang sebagai batas terendah yang sudah ditetapkan oleh agama.  Sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai pedoman bagi umat muslim yang akan membayarkan zakat mal. Jadi bagi mereka yang memiliki harta  dan sudah mencapai nisha dari harta yang dimilikinya tersebut, maka memiliki yang namanya kewajiban untuk membayar zakat  mal.  Berikut adalah perhitungan nisab zakat mal, diantaranya yaitu :

  • Nisab emas
Info penting !  Serba Serbi Menggadaikan Laptop Secara Online

Jika kita memiliki lebih dari 20 dinar, dimana untuk 1 dinarnya sendiri bernilai 4.25gram,  maka kita pun harus membayarkan zakatnya sebesar ½ dinar.

  • Nisab binatang ternak

Selanjutnya adalah untuk nisab binatang ternak, yaitu   untuk  sapi jika memiliki  lebih  dari 30 ekor, harus membayarkan zakatnya. Sedangkan untuk nisa kambing jika memiliki lebih dari 40 ekor baru berkewajiban membayarkan zakat malnya.

  • Nisab hasil pertanian & buah-buahan

Untuk nisab hasil pertanian sendiri adalah  5 wasaq,untuk 1 wasaq sendiri nilainya  setara  3 kg.

  • Nisab barang dagangan

Perhitungan nisab untuk  zakat mal selanjutnya  adalah nisab barang  dagangan. Seorang pedagang terlebih dahulu harus menghitung jumlah nilai barang dengan harga aslinya, dan kemudian digabungkan dengan laba bersih setelah semuanya sudah dipotong hutang.

Info penting !  Memahami Perbedaan Asuransi Swasta dengan BPJS

Ulasan mengenai cara perhitungan nisab zakat mal yang sudah kami bagikan ini, semoga bermanfaat untuk anda.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.