Perhitungan Zakat Mal serta Lafaz Niatnya

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan oleh seorang muslim atau muslimah atas hartanya berupa tabungan, emas, perak, atau hasil perdagangan. Nisab atau batas harta yang sudah bisa dikeluarkan zakatnya adalah senilai 85 gram emas murni. Baik itu uang tabungan, perak, atau hasil perdagangan nilainya harus sama dengan 85 gram emas murni. Sedang perhitungan zakat mal adalah 2.5% dari total kekayaan tersebut dan haulnya sekali dalam setahun.

gambar dari tribunnews.com

Sebelumnya kita perlu tau apa itu syarat wajib zakat. Berikut daftarnya :

  1. Beragama Islam.
  2. Merdeka.
  3. Berakal dan baligh.
  4. Hartanya memenuhi nisab.

Untuk menghitung zakat mal mudahnya seperti ini. Nisab zakat mal adalah 85 gram emas murni, kalau diuangkan senilai 85 x 600ribu rupiah, sama dengan 51 juta rupiah. Saat anda di akhir tahun memiliki tabungan 10 juta rupiah, perak senilai 2 juta rupiah, dan emas senilai 50 juta rupiah. Maka total kekayaan anda semuanya adalah 62 juta rupiah. Artinya harta kekayaan anda sampai nisab zakatnya dan harus dikeluarkan zakatnya senilai 2.5% dari total harta kekayaan anda.

Info penting !  Beberapa Cara Cepat Kaya yang Efektif

Nilai zakatnya berarti 2.5% dari 62 juta rupiah yaitu 1 juta 550 ribu rupiah yang harus dikeluarkan sebagai zakat mal anda tahun ini.

Bagaimana dengan nisab zakat fitrah?

Berbeda dengan zakat mal. Zakat fitrah nisabnya lebih rendah yaitu selain 8 mustahik atau orang yang wajib menerima zakat misalnya fakir, miskin, amil zakat, muallaf, riqob, gharim ( orang yang berhutang ), sabilillah, dan ibnu sabil. Maka wajib mengeluarkan zakat fitrah yang nilainya sebesar 2.5 kg beras. Kalau diuangkan, dinilai dari harga beras yang sering kita gunakan. Misal harga beras 10 ribu rupiah. Maka zakat fitrah per orangnya yang wajib dikeluarkan ialah 2.5 kg x 10 ribu rupiah yaitu 25ribu rupiah. Untuk zakat fitrah wajib dikeluarkan sebelum shalat idul fitri.

Info penting !  Produk-produk Asuransi yang Paling Utama harus Anda Ketahui

Untuk niat zakat fitrah, bisa kamu lihat di gambar bawah ini.

Bagaimana zakat untuk orang yang bekerja?

Zakat untuk orang yang bekerja atau bisa disebut juga zakat profesi atau zakat penghasilan biasanya disamakan dengan zakat hasil pertanian dan zakat uang. Jadi nisabnya 635 kg beras bila diuangkan senilai 635 kg x  10 ribu rupiah yaitu 6 juta 350 ribu rupiah dan haulnya sekali dalam sebulan. Tetapi dipotong terlebih dahulu dengan biaya hidup dan biaya wajib yang lain.

Cara perhitungannya sebagai berikut. Seseorang yang bekerja dengan gaji sebulan 10 juta rupiah. Biaya hidupnya dalam sebulan 4 juta rupiah. Penghasilan bersihnya yaitu 6 juta rupiah. Karena nisabnya senila 6 juta 350 ribu rupiah maka tidak wajib orang tersebut untuk mengeluarkan zakat profesi atau zakat penghasilan.

Info penting !  Hal-hal yang Membedakan Antara Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Video terkait zakat mal

Setiap sen harta yang kita miliki bukan milik kita sepenuhnya, ada hak orang lain yang wajib kita keluarkan sebagai harta zakat. Agar harta yang kita kelola menjadi berkah.

Itulah sedikit ulasan tentang perhitungan zakat mal, semoga bisa membantu. Dan pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.