Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Kredit Motor

Saat Anda butuh motor sebagai alat transportasi pribadi, namun uang simpanan belum mencukupi, kredit motor memang dianggap sangat mengiurkan. Membeli motor secara kredit memang dianggap mudah, karena Anda bisa melunasinya dengan mencicil bayarannya setiap bulan. Bagi Anda yang memang berniat beli motor secara kredit, jadikan x hal ini sebagai pertimbangan. 

5-tips-kredit-motor

Jenis Motor yang Akan Anda Beli

Saat ini begitu banyak jenis motor yang diproduksi, tentunya rentang harganya pun berbeda antara satu dengan yang lainnya. Nah, untuk Anda yang kebetulan ingin membeli motor secara kredit, pertimbangkan dengan matang jenis motor yang akan Anda beli. Belilah motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, motor kredit yang Anda ambil akan terasa tepat guna.

Usahakan untuk mencari tahu dulu spesifikasi dari beberapa motor yang kemungkinan akan Anda beli salah satunya. Semakin Anda tahu keunggulan dan kekurangan masing-masingnya, maka akan mudah bagi Anda untuk menentukan pilihan. Ingat juga untuk tak tergoda memilih motor, hanya karena body-nya keren, namun sebenarnya tak sesuai dengan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

DP dan Cicilan yang Harus Dibayar Untuk Motor Tersebut

Saat Anda memutuskan untuk membeli motor secara kredit, berarti Anda sudah siap dengan konsekuensi untuk membayar DP dan cicilan setiap bulannya. DP (Down Payment) atau uang muka, wajib Anda bayar saat Anda mengambil motor kredit tersebut. Selanjutnya ada cicilan, yang besarannya disesuaikan dengan jangka waktu kredit pembelian motor yang Anda pilih.

Jika sekiranya untuk membayar DP saja Anda sudah kesusahan, sebaiknya tunda dulu keinginan Anda untuk membeli motor kredit. Jangan sampai karena ingin membeli motor tersebut, Anda tak menyisakan sedikit pun uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Belum lagi nanti membayar cicilan setiap bulannya, yang mungkin harus Anda lakukan dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun.

Bunga Kredit yang Harus Dibayarkan

Jika Anda memilih untuk membeli motor secara kredit, maka Anda harus siap membayar bunganya setiap bulan bersama dengan cicilan. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan cermat berapa besaran bunga per bulannya. Sebaiknya Anda datangi beberapa langsung beberapa dealer, untuk mengetahui langsung berapa besaran bunga yang mereka tawarkan untuk kredit motor.

Selain itu, sesuaikan juga bunga kredit ini dengan jangka waktu yang ditawarkan untuk melunasi pembayaran motor. Biasanya ada dealeryang menawarkan bunga rendah dengan jangka waktu lama, namun ternyata setelah dihitung-hitung, biayanya malah jadi lebih besar. Oleh karena itu, kalkulasikan dulu dengan cermat dana yang harus Anda keluarkan untuk membeli motor kredit. 

Denda untuk Keterlambatan Pembayaran

Jika Anda lupa atau tak bisa membayar cicilan tepat waktu, maka Anda akan dikenakan denda dengan besaran yang sudah disepakati sebelumnya. Jangan ragu untuk menanyakannya pada pihak dealer, jika sekiranya hal ini luput dibicarakan saat transaksi kredit Anda. Ini dilakukan agar nantinya tak terjadi kesalahpahaman, antara Anda dengan pihak dealertersebut. 

Kredibilitas Dealer Motor Tersebut

Belilah motor kredit, hanya dari dealer yang tepercaya. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya penipuan saat Anda membeli motor kredit. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi dari teman atau kerabat, terkait dengan dealer yang sudah teruji kualitasnya. Sembarangan memilih dealer motor bisa merugikan Anda, salah satunya BPKP motor Anda yang tak kunjung diberikan.

Itulah tadi 4 hal yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil kredit motor. Cek dulu kondisi keuangan dan pikirkan dengan matang, apakah Anda sanggup untuk membayar cicilan per bulannya. Jangan sampai karena keinginan yang menggebu untuk membeli motor, Anda tak lagi memedulikan kebutuhan hidup Anda yang lebih wajib untuk dipenuhi.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.