Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Kredit Mobil Bekas

Memiliki sebuah mobil adalah impian banyak orang. Sebab, banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar bisa lebih mudah dengan kehadiran mobil. Tak jarang ada yang mengambil kredit mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan mereka. Memang tak salah. Namun, sebelum Anda mengambil kredit ini, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut!

tips-sebelum-kredit-mobil-bekas

1. Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan Anda akan mobil tersebut. Pilih mobil yang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Jangan sampai Anda terjebak dalam kekeliruan dan Anda sendiri yang pada akhirnya akan susah.

2. Leasing atau Dealer yang Terpercaya

Ketika Anda membeli mobil bekas, ada baiknya pilihlah leasing atau dealer yang bisa dipercaya. Anda bisa memilih membeli di leasing atau dealer sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan kredit di leasing adalah Anda bisa menyesuaikan uang muka, tenor dan jumlah cicilan sesuai kemampuan.

Namun harga yang harus Anda bayarkan memang selisihnya cukup besar bila dibanding beli tunai. Sedangkan di dealer, selisih harga antara beli secara kredit dan tunai tak jauh berbeda. Hanya saja kekurangannya adalah pada dealer Anda harus mengikuti skema kredit yang diberikan alias tidak fleskibel.

Manapun yang Anda pilih, pastikan lembaga tersebut terpercaya. Hal ini bertujuan untuk menghindari proses kredit yang rumit dan suku bunga yang tak menentu serta penipuan tentunya. Jika Anda memiliki kenalan dari pihak leasing, ada baiknya meminta bantuannya saja. Bisa jadi Anda malah mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP.

3. Hitung dan Pertimbangkan Harga

Setelah Anda menemukan leasing atau dealer yang terbaik, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah hitung dan pertimbangkan harga mobil tersebut. Bukan hanya DP dan sejumlah cicilan yang saja perlu dipikirkan, tapi juga berbagai biaya pendukungnya. Biaya itu terdiri dari biaya provisi, jaminan fidusia, asuransi kendaraan dan pemeliharaan rutin.

Cermatilah semua biaya dan pengeluaran yang harus Anda bayarkan ketika membeli mobil bekas secara kredit nantinya. Hal ini berguna untuk mencegah kekacauan keuangan Anda. Bila perlu, buatlah simulasi lebih dulu untuk menghitung besaran biaya yang harus Anda keluarkan saat membeli sebuah mobil.

4. Suku Bunga

Hal lain yang harus diperhatikan adalah suku bunga yang dikenakan. Ini adalah komponen penting yang mempengaruhi nilai beli secara keseluruhan serta jumlah cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan. Semakin lama waktu cicilan Anda ambil, maka akan makin besar bunga cicilan yang akan dikenakan.

5. Jangka Waktu Cicilan

Perhatikan juga jangka waktu cicilan yang dikenakan. Biasanya, jangka waktu cicilan untuk kredit kendaraan bekas lebih singkat daripada mobil baru dan ini juga tergantung jumlah DP yang Anda berikan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pelunasan lebih cepat dan beban keuangan Anda juga bisa berkurang.

6. Persyaratan

Lalu, ada baiknya Anda memperhatikan persyaratan yang diberikan pihak leasing atau dealer. Tentu ada pihak yang bisa memberatkan Anda ketika memenuhi persyaratan pembelian, kan? Oleh sebab itu, pilihlah yang paling mudah persyaratannya. Persyaratan kredit kendaraan biasanya terdiri dari fotokopi KTP dan KK serta rekening tabungan dan pembayaran pajak.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil secara kredit. Mau bekas atau baru sebenarnya sama saja, yang penting mobil tersebut bisa penuhi kebutuhan. Kredit mobil di dealer atau leasing pun tak masalah asalkan Anda setuju dengan semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.