Seluk Beluk Asuransi Unit Link

Tahukah Anda apa itu asuransi unit link?

Asuransi unit link merupakan suatu produk asuransi yang dikemas dengan konsep modren. Aturan mainnya berbeda dari asuransi yang selama ini kita ketahui. Konsep lama, asuransi ditujukan untuk memberikan perlindungan/proteksi kepada peserta dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya risiko. Contoh, sakit, cacat fisik, kebakaran, kecelakaan, kematian, dan sebagainya. Khusus untuk asuransi unit link, nasabah bisa mendapatkan manfaat double, yakni perlindungan dan investasi sekaligus.

gambar dari asuransi365.com

Mekanismenya, premi yang dibayar nasabah setiap bulan dialokasikan ke dalam dua bagian. Bagian pertama untuk proteksi, bagian kedua untuk modal investasi. Premi yang disisihkan untuk investasi diputar pada instrumen-instrumen investasi yang disepakati antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

Info penting !  Apakah Asuransi Unit Link Merugikan Nasabah?

Nasabah bebas memilih dimana sebagian preminya akan diinvestasikan. Bisa melalui reksa dana saham, reksa pendapatan tetap, atau obligasi. Jadi, profit yang didapat dari perputaran modal tersebut dapat menambah nilai polis nasabah dan sewaktu-waktu bisa dicairkan. Pilihan lain, nasabah tidak perlu lagi membayar iuran setiap bulan. Sebab profit bisa langsung dipotong untuk pembayaran premi pada bulan-bulan berikutnya.

Di satu sisi produk asuransi unit link tampak menggiurkan. Akan tetapi, di sisi lain berisiko tinggi. Yang namanya berinvestasi, peluang untung-ruginya 50:50. Apalagi saat kondisi pasar global tidak stabil, cukup sulit memprediksi tingkat keberhasilan dan kegagalan.

Apabila ternyata investasi nasabah gagal, perusahaan asuransi tidak berkewajiban bertanggung jawab. Bahkan, dana proteksi bisa ikut tersedot dan tak menyisakan apa-apa. Jika ingin proteksi tetap berjalan, nasabah haru melakukan top-up atau penambahan dana terlebih dahulu.

Info penting !  Cara Pengajuan Kartu Kredit

Itulah seluk beluk singkat mengenai asuransi unit link. Baik-buruknya berpulang pada masing-masing orang. Bila Anda punya insting bisnis yang cukup tajam, produk asuransi ini cocok untuk Anda coba.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.