Serba Serbi Tentang Klaim Asuransi

Sebelum anda memastikan untuk ikut sebuah asuransi, pastikan untuk menanyakan tentang klaim asuransi. Karena tiap asuransi berbeda cara mengklaim, syarat-syarat suatu klaim disetujui, atau berapa lama proses klaim asuransi tersebut.

klaim-asuransi

Jangka Waktu Klaim

Klaim asuransi adalah permintaan resmi yang ditujukan kepada perusahaan asuransi terkait ganti rugi dari pihak tertanggung sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati antara kedua pihak.

Hal tersebut tercantum dalam polis asuransi yang dimiliki oleh perusahaan asuransi. Klaim yang diajukan kemudian ditinjau oleh perusahaan asuransi untuk proses validitasnya. Setelahnya baru pergantian dari klaim asuransi dibayarkan kepada pihak tertanggung.

Namun hal yang penting dalam klaim asuransi adalah jangka lama proses klaim asuransi tersebut. Sebagai pihak yang ingin berasuransi, hal ini sangat penting anda ketahui agar memiliki kejelasan saat anda melakukan proses klaim asuransi.

Untuk mengenai jangka waktu dalam proses klaim asuransi, kembali lagi pada perusahaan asuransi. Masing-masing perusahaan memiliki tenggang waktu berbeda dalam proses klaimnya. Anda harus mengecek dokumen polis asuransi dan menghubungi perusahaan asuransi saat anda dirawat di rumah sakit atau mengalami kerusakan kendaraan bermotor. Umumnya waktu klaim asuransi adalah 30 hari hingga 60 hari.

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Beberapa hal berikut adalah alasan klaim asuransi anda ditolak.

  1. Polis tidak aktif. Hal ini disebabkan oleh pembayaran asuransi anda jatuh tempo atau nilai asuransi tidak dapat menutupi dari jumlah yang diklaim. Maka pastikan anda tepat waktu dalam melakukan pembayaran asuransi dan teliti nilai asuransi yang bisa digunakan.
  2. Klaim tidak tercakup dalam perjanjian asuransi. Dalam polis asuransi tertera poin-poin apa saja yang bisa anda klaim asuransinya.
  3. Klaim yang anda lakukan melebihi batas waktu yang sudah disetujui. Masing-masing asuransi memiliki batas waktu yang berbeda dalam proses klaimnya. Kalau melewati batas waktu dari proses klaim sejak awal kejadian, maka otomatis klaim anda akan ditolak.
  4. Dokumen yang tidak lengkap. Dalam mengurus klaim asuransi, pastikan anda cek, dokumen apa saja yang diminta oleh perusahaan asuransi saat anda ingin mengajukan klaim. Agar klaim anda segera disetujui sebelum anda kehabisan waktu klaim.
  5. Sedang dalam masa tunggu asuransi. Biasanya asuransi bisa diajukan klaim setelah masa tertentu saat asuransi tersebut di daftarkan. Misal seseorang baru mendaftar asuransi hari ini, maka dia akan bisa melakukan klaim asuransi saat ada kejadian di 30 hari mendatang. Di 30 hari pertama, asuransi tidak bisa digunakana. Masa tunggu asuransi berbeda antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.
  6. Khusus untuk asuransi kesehatan, penyakitnya sudah di derita sebelum mendaftarkan asuransi. Hal ini menyebabkan klaim anda karena perawatan sakit tersebut ditolak.
  7. Klaim yang diajukan termasuk dalam daftar pengecualian. Selain mengatur hal-hal yang bisa diklaim, asuransi juga mengatur hal-hal menjadi pengecualian dalam proses klaim asuransi.
  8. Pemegang asuransi melakukan pelanggaran hukum. Contoh kasus seseorang yang memiliki asuransi mobil all risk, tetapi mengemudi secara ugal-ugalan saat kejadian rusak kendaraan bermotor, maka asuransi tersebut otomatis ditolak.

Itulah poin-poin yang bisa menyebabkan klaim asuransi anda ditolak oleh perusahaan asuransi.

Klaim Asuransi Tidak Dibayar

Langkah apa yang bisa anda lakukan ketika semua dokumen dalam mengklaim asuransi sudah lengkap namun tetap ditolak klaimnya oleh perusahaan?

Salah satu langkah yang bisa anda lakukan adalah menempuh jalur hukum. Sebelumnya anda harus melakukan somasi terlebih dahulu. Bila somasi tidak dihiraukan oleh pihak asuransi, maka anda bisa melanjutkan langkah hukum ke pengadilan negeri.

Bagi yang anda malas bolak balik mengikuti proses pengadilan, bisa melalui lembaga yang dapat bertindak menyelesaikan sengketa antara pemegang polis dengan pihak asuransi, lembaga ini adalah Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BAMI).

Seperti yang tercantum di website resmi-nya, pelayanan dari BAMI ini gratis. Selama nilai tuntutan ganti rugi atau manfaat polis yang dipersengketakan tidak melebihi Rp 750.000.000 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah) per klaim untuk asuransi kerugian/umum dan Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) per klaim untuk asuransi jiwa atau Asuransi jaminan sosial.

Oleh karenanya, jangan dulu panik bilamana klaim anda tidak dibayarkan oleh Perusahaan Asuransi karena ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Meskin demikian, tentu anda tidak ingin kejadian ini terjadi kepada anda, keluarga, kerabat, atau teman anda.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.