Ternyata BPKB Motor Bisa Digadaikan Sebagai Jaminan Pinjaman

Ketika mengambil pinjaman, salah satu pertimbangan penting adalah dengan memilih jenis jaminan yang akan diserahkan. Dimana beberapa hal yang perlu Anda perhatikan memilih jaminan tersebut adalah dengan aset yang bisa digunakan dan diterima sebagai jaminan. Tidak hanya jaminan berupa surat tanah dan rumah, akan tetapi bagi Anda yang mempunyai BPKB motor bisa digadaikanSehingga hal ini akan membantu Anda mendapatkan pinjaman yang diinginkan dan bisa membantu untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Sebelum menggadaikan surat kendaraan tersebut, beberapa hal yang perlu diketahui yang mempengaruhi pinjaman ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Pinjaman yang tidak sama dengan harga motor

Hal pertama yang perlu diketahui ketika mengambil pinjaman dengan jaminan adalah bahwa pinjaman yang diberikan dan diterima nantinya tidak akan sama dengan harga jaminan tersebut. Hal ini tidak hanya berlaku untuk jaminan motor tetapi juga untuk jaminan surat tanah, kendaraan, SK kerja, dan lainnya. Oleh karena itulah Anda tidak perlu kaget ketika mendapatkan pinjaman yang jumlahnya tidak sama dengan harga motor Anda. Biasanya pinjaman yang diberikan maksimalnya adalah 70 persen dari harga motor tersebut dan apabila mengajukan pinjaman dengan nilai lebih besar dibandingkan nilai jaminan maka pinjaman tersebut akan ditolak.

  1. Ada wawancara

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan ketika mengambil pinjaman dengan motor sebagai jaminan ini adalah nantinya ada wawancara. Pinjaman ini termasuk dalam kredit multi guna yang tidak hanya perlu untuk mengajukan syarat untuk mendapatkan pinjaman. Akan tetapi misalnya untuk pinjaman dengan sertifikat rumah dan tanah akan ada survei, nantinya pinjaman dengan surat motor akan juga ada wawancara. Proses ini dapat digunakan untuk mengecek informasi yang telah diberikan dan juga verifikasi, sehingga akan membuat keputusan lebih baik apakah nantinya pinjaman yang Anda ajukan akan diterima atau ditolak.

  1. Ada asuransi

Hal lainnya yang perlu diketahui dari pinjaman dengan surat kendaraan motor ini adalah asuransi. Biasanya dalam produk pinjaman yang Anda pilih akan mempunyai asuransi, yaitu nantinya mendapatkan biaya yang mesti dibayarkan untuk asuransi. Hal ini bisa digunakan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kecelakaan dan meninggal sehingga gagal melunasi pinjaman karena insiden tersebut. Biaya ini akan menjadi tanggung jawab dari penerima pinjaman dan memberikan keuntungan bahwa pinjaman nantinya akan dianggap lunas apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga dengan adanya asuransi tidak akan menimbulkan hutang kepada keluarga dan penerima kredit apabila terjadi kecelakaan atau meninggal dunia.

  1. Biaya administrasi

Hal selanjutnya yang bisa Anda perhatikan adalah dari biaya administrasi. Asuransi nantinya juga termasuk biaya administrasi yang diperlukan untuk dibayarkan. Selain biaya asuransi tersebut juga ada biaya administrasi lainnya. Dimana biaya administrasi ini juga diperlukan ketika akan digunakan pada proses pencairan kredit yang didapatkan. Sehingga Anda perlu menyiapkan biaya administrasi ini dan pastikan untuk menyerahkannya kepada pihak yang tepat bukan kepada calo.

  1. Perhatikan kondisi motor

Hal terakhir yang bisa menjadi pertimbangan dan juga informasi yang perlu diketahui ketika akan mengambil pinjaman dengan surat kendaraan adalah bahkan BPKB motor bisa digadaikan akan tetapi tidak semua kondisi motor bisa diterima. Seperti misalnya ada beberapa hal yang membuat motor Anda tidak dapat diterima. Seperti motor yang diterima maksimalnya berusia 10 tahun, mempunyai surat lengkap, dan juga kondisinya baik tidak dimodifikasi.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.