Tidak Perlu Mahal, Inilah Cara Merawat Rambut dengan Bahan Dapur

Bagi Anda yang suka memasak, mungkin tidak asing dengan bahan-bahan yang akan kita bahas kali ini. Bukan hanya untuk melezatkan suatu masakan. Bahan-bahan yang ada di dapur ternyata juga memiliki manfaat lain, terutama dalam merawat rambut. Berikut ini ada beberapa bahan dapur sebagai cara merawat rambut.

cara-merawat-rambut

Kemiri

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut adalah kemiri. Bahan ini berguna untuk membuat rambut tebal dan juga hitam berkilau. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk merawat rambut agar lebih sehat dan indah. 

Caranya dengan mengeluarkan minyak kemiri dengan menghaslukannya lalu merebus kemiri dengan air. Minyak inilah yang kemudian bisa Anda oleskan pada kulit kepala menyeluruh.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bukan hanya berguna menggoreng makanan, tapi juga berguna untuk melembutkan rambut. Zat di dalam minyak ini mampu membuat rambut lebih mudah diatur dan juga berkilau. Anda bisa menggunakan minyak ini setelah atau sebelum keramas. Jika Anda ingin menggunakan setelah keramas, teteskan sedikit saja.

Kuning Telur

Siapa bilang jika kuning telur hanya nikmat ketika dimakan? Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari kuning telur, yaitu untuk kesehatan rambut. Penggunaan masker dari kuning telur mampu mengatasi rambut kering dan bercabang. Bahan ini juga dapat membantu melembapkan dan melembutkan rambut secara alami. 

Cara menggunakannya asngatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskan kuning telur pada seluruh permukaan rambut kemudian tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keramas untuk menghilangkan bau amis dari telur. 

Santan Kelapa

Santan biasanya digunakan untuk memberikan rasa gurih pada masakan. Siapa sangka di dalam rasa yang gurih ini, santan bisa digunakan untuk perawatan rambut secara almi. Zat yang terkandung di dalamnya mampu mempercepat pertumbuhan rambut sehingga Anda akan mendapatkan rambut yang lebih tebal. 

Cara penggunaannya juga mudah dimana Anda tinggal mengoleskan santan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan kurang lebih 1 jam kemudian bilas menggunakan shampo dan air bersih. Pastikan tidak ada santan yang tertinggal.

Seledri

Anda pasti sudah tidak asing dengan bahan dapur yang satu ini, yaitu seledri. Seledri merupakan bahan atau daun yang mampu membuat makanan semakin sedap. Selain itu, ternyata seledri menyimpan khasiatnya untuk kesehatan rambut. Seledri berguna untu membantu menebalkan mahkota rambut secara alami daan aman.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan tangkai seledri pada kulit kepala. Lakukan pula pemijatan secara lembut agar zat-zat di dalam seledri bisa keluar dan meresap di kepala. Tunggu sekitar 1 jam dengan kondisi tertutup, bisa menggunakan handuk. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih dan shampo. 

Shea Butter

Beberapa dari Anda mungkin masing asing dengan bahan dapur yang satu ini. Memang, shea butter dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding bahan lainnya. Cara menemukannya pun tidak mudah karena tidak semua toko menjual shea butter. Namun, tahukah Anda bahwa bahan ini juga beruna untuk merawat rambut.

Pada umumnya, shea butter digunakan sebagai kondisioner alamai untuk rambut. Bukan hanya untuk menghaluskan rambut, bahan ini juga dapat memperbaiki rambut bercabang dan juga mencegah terjadinya kerusakan rambut. 

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara merawat rambut dengan bahan dapur yang mudah di dapat. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa mendapatkan perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan masalah rambut yang Anda alami. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan cara tersebut secara rutin.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.