Tidore yang Membikin Betah Wisatawan

Indonesia bagian unsur timur tidak pernah jenuh menyuguhkan aneka keindahan alam yang potensial guna menjadi lokasi wisata terkenal. Salah satunya Tidore yang memiliki pesona sangat powerful sehingga sukses mengundang tidak sedikit wisatawan guna mengunjunginya. Pulau Tidore merupakah di antara pulau di area Kepulauan Maluku. Pulau Tidore ini paling eksotis sampai-sampai semua kenampakan alamnya begitu estetis seperti pantai dengan hamparan laut yang bening dan pasir putih yang indah. Tak heran bila sekian banyak destinasi wisata terhampar di Pulau ini. Banyaknya objek wisata estetis di Tidore pasti menciptakan Anda bingung mesti ke mana saja.

gambar dari @feri_latief

Berikut ini sejumlah objek wisata alam yang mesti dikunjungi di Tidore.

Pantai Akesahu

Pantai yang satu ini memiliki keanehan pemandangan alam sampai-sampai membuatnya tampak begitu cantik. Pantai ini sedang di tengah lokasi seolah dipeluk oleh perbukitan karang yang indah. Pasirnya yang begitu putih dan bersih serta air laut yang berwarna biru toska yang bening pasti menciptakan semua orang kerasan berlama-lama di pantai ini. Tidak melulu itu, pantai ini pun memiliki keanehan yaitu adanya empang air panas di dalam cekungan pantai. Biasanya empang air panas berada di wilayah pegunungan, namun bertolak belakang dengan objek wisata ini, empang air panas malah berada di pantai. Pantai ini sedang di Kecamatan Tidore Timur, selama 15 perjalanan darat dari pusat Kota Tidore. Di selama sumber air panas ini tumbuh tidak sedikit pohon yang menandakan bahwa air panas Akesahu mempunyai pH netral. Ada keyakinan bahwa pasangan muda yang mengikatkan kain merah pada akar pohon yang sedang di sumber air panas ini bakal langgeng. Sangat menarik bukan? Tidakkah kita penasaran laksana apa rupa dari pantai ini? Jika Anda telah berada di Tidore maka jangan sampai terlewatkan ya Pantai Akesahu ini.

Info penting !  Keindahan Masa Lalu di Sumba

Pantai Cobo

Pantai Cobo mempunyai pemandangan alam yang eksotis nan memukau. Pepohonan yang rindang tentu membawa hawa sejuk khas pantai yang menyegarkan. Perairan di dekat pantai ini mempunyai taman laut yang sangat estetis sehingga tepat guna dijadikan lokasi untuk diving dan snorkeling. Pantai Cobo sedang di Kelurahan Cobodoe yang terletak di sebelah unsur utara Pulau Tidore. Pantai ini mempunyai ombak yang kecil dan dasar laut yang berpasir sehingga paling tepat guna bermain air. Walaupun tidak berpasir putih, tetapi Pantai Cobo menyerahkan kesejukan tersendiri sebab rimbunnya pepohon di sekitarnya. Itulah yang menjadi keanehan dari pantai ini.

Gunung Kie Matubu

Gunung Kie Matubu tingginya selama 1.730 meter di atas permukaan laut. Gunung ini mempunyai topografi yang terjal di sisi selatannya sebab langsung berbatasan dengan laut di unsur selatan Pulau Tidore. Dari Puncak Gunung ini dapat melihat Pulau Mare yang berada di unsur selatan Pulau Tidore. Di sebelah utara pun terlihat Pulau Maitara dan Pulau Ternate. Puncak gunung ini berbentuk kerucut sehingga dapat menjadi spot sunrise dan sunset sekaligus dalam satu hari. Waktu pemanjatan sekitar 4 sampai 5 jam tergantung situasi rombongan dan setiap personilnya. Sebelum memanjat ke puncak gunung ini, maka Anda mesti meminta izin untuk tokoh adat di Desa Gurabunga (titik mula pendakian) yang nantinya pun akan menemukan nasihat mengenai pantangan yang jangan dilanggar ketika pendakian.

Info penting !  Keindahan Masa Lalu di Sumba

Desa Gurabunga

Desa Gurabunga berada di elevasi 1.100 meter di atas permukaan laut sampai-sampai suhu udara dan angin yang berhembus di desa ini paling sejuk. Desa Gurabunga pun menjadi gerbang pemanjatan Gunung Kie Matubu. Desa Gurabunga ini tidak melulu memberikan pemandangan alam yang indah, tetapi pun memberikan keadaan desa yang damai. Ada 5 marga yang bermukim di Desa Gurabunga yakni Mahifa, Toduho, Tosofu Malamo, Tosofu Makene dan Folasowohi. Di Desa Gurabunga pun masih ada lokasi tinggal adat yang keasliannya masih terjaga yang menjadi perangkat pemersatu dan simbol keberagaman adat kebiasaan yang tetap terpelihara sampai sekarang.

Pulau Failonga

Pulau Failonga adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau ini terletak di sebelah unsur timur Pulau Tidore. Pulau yang mempunyai pasir putih ini mempunyai pemandangan laut yang menggoda. Di bawah permukaan laut selama Pulau Failonga, hidup pelbagai terumbu karang dan ikan tropis yang paling cantik. Perairan di Pulau Failonga sangat sesuai untuk snorkling maupun diving. Jika hendak mengunjungi Pulau Failonga maka mesti mencarter kapal cepat atau kapal nelayan.

Pulau Mare

Pulau Mare berada di unsur selatan Pulau Tidore yang bakal selalu menciptakan Anda terkenang dengan lokasi ini. Pulau Mare menjadi habitat dolfin yang tidak jarang terlihat di dekat Pulau Mare. Pulau Mare pun biasa menjadi spot snorkling atau diving sebab pemandangan bawah lautnya pun paling mempesona.

Pulau Maitara

Ingat dengan duit pecahan Rp. 1.000? kita pasti dapat melihat Pulau Maitara dengan Pulau Ternate di belakangnya. Di perairan selama Pulau Maitara ini hidup sekian banyak terumbu karang dan ikan tropis yang mesti diselami dengan snorkling atau diving. Pulau Maitara bisa ditemput dengan naik perahu cepat sekitar 3 menit perjalanan laut.

Info penting !  Keindahan Masa Lalu di Sumba

Air terjun Luku Celeng

Pulau yang mempunyai gunung lazimnya mempunyai air terjun, tak berbeda dengan Pulau Tidore. Ada air terjun Luku Celeng yang terletak di Dusun Golili, Kelurahanyan Kalaodi, Kecamatan Tidore Timur. Jika hendak mencapainya maka mesti menempuh jarak selama 1,5 kilometer dengan berlangsung kaki dari Dusun Goliil sekitar 10 menit saja. Jarak yang sudah ditempuh bakal terbayar lunas ketika tiba di lokasi ini dan menikmati kesegaran air bening yang paling menyejukkan jiwa dan raga.

Wisata Alam Tayawi

Tempat wisata ini sedang di Kecamatan Oba yang menyajikan tidak sedikit keindahan. Mulai dari Air terjun setinggi 130 meter, 99 anak tangga dengan elevasi 30 meter, sampai Bendungan Aketayawi yang di bina pada tahun 2013 di Sungai Tayawi dengan panjang nyaris 100 meter. Pemandangan sepanjang sungai tayawi mengarah ke air terjun ini pun sangat indah. Wisata Alam Tayawi ini pun menjadi taman konservasi tumbuhan dan hewan karena terdapat sekian banyak jenis tumbuhan hias dan penangkaran burung langka laksana burung bidadari, kaka tua, nuri dll. Jika Anda ialah pecinta burung (bird watcher) maka usahakan mengintip burung-burung tersebut melewati teropong atau memotretnya. Ada selama 109 jenis burung di lokasi ini sampai-sampai benar-benar memesona.

Pantai Rum

Pantai Rum sedang di Kecamatan Tidore Utara yang menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat estetis dan dihiasi dengan Pulau Maitara dan Pulau Tidore. Terdapat tidak sedikit pohon kelapa khas negara tropis serta bebatuan yang terhampar semakin menciptakan pengunjung terpesona ketika melihatnya. Jika hendak bersantai, tersedia sejumlah gazebo yang dapat digunakan guna duduk sambil merasakan suasana Pantai Rum. Jika tergoda guna bermain air maka Anda dapat berbilas di kamar mandi yang sudah disediakan.

Sumber Rekreasi Alam Indonesia

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.