Tips Membeli Mobil Second Di Tengah Pandemi Corona

Hai, selamat datang di tulisan terbaru dari Main makan Blog. Di tulisan kali ini kita akan membahas tentang tips membeli mobil second di tengah pembatasan kegiatan karena adanya pandemi Covid-19.

Bagi kalian yang batal membeli mobil baru karena penurunan pendapatan saat wabah seperti ini, harap bersabar ya. Dan kalau tetap pengen mebeli mobil, penulis sarankan beli mobil bekas saja. Berikut saya tuliskan beberapa tips bagi kamu yang ingin membeli mobil second.

  1. Hitung dana yang kamu miliki

Jika kamu berpikir hendak membeli mobil bekas, apalagi pembayarannya dengan cara kredit, maka sebaiknya dana yang dikeluarkan tidak lebih dari 20 persen dari penghasilanmu.

Karena, membeli mobil second pasti akan kembali mengeluarkan dana ekstra, misalnya perawatan tambahan, atau memang perlu ada pergantian sparepart. Bisa juga untuk pengeluaran bahan bakar atau tambahan asuransi.

  1. Tentukan daftar mobil yang ingin dibeli

Cari beberapa merk mobil yang sesuai kebutuhan anda dan sesuai dengan dana yang anda miliki. Minimal anda memiliki 3 sampai 5 jenis mobil. Karena saat 1 merk mobil tidak memenuhi kriteria, anda bisa mengecek merk mobil lainnya.

  1. Cek harga mobil yang ingin kamu beli

Membeli mobil second butuh kesabaran. Oleh karena itu, cobalah rajin memeriksa atau survei harga mobil yang diinginkan dari beberapa dealer mobil second, bahkan situs jual beli online bisa juga kamu pantau.

Harga-harga mobil second ini bisa saja berbeda-beda tergantung dari kondisi mobil itu sendiri.

  1. Cari mobil second yang dekat dengan lokasimu tinggal

Untuk mencari mobil second, kamu juga perlu menyaring target mobil dari jarak yang sudah ditempuh, harga, fitur dan jarak apakah mobil itu dekat dengan bengkel atau dealer.

Seiring dengan kemudahan teknologi, mencari mobil second tentu saja bisa juga dilakukan lewat situs jual beli online untuk lebih menghemat waktu.

  1. Cek riwayat kendaraan

Jika kamu membeli mobil second, sebaiknya membeli dari teman dekat atau keluarga. Tentu saja riwayat kendaraan akan mudah diketahui tanpa ada yang perlu ditutupi.

Anda bisa melakukan pemeriksaan riwayat kendaraan dari pihak asuransi atau kepolisian. Sebab, mobil juga dapat dilakukan pengecekan dari NIK (Nomor Identitas kendaraan) atau pelat nomor.

  1. Coba hubungi penjual atau pemilik kendaaran

Jika kamu sudah merasa cocok dengan mobil yang menjadi target, sebaiknya menjalin hubungan dengan penjual untuk memverifikasi infomasi mobil yang diinginkan.

Soalnya, ada juga mobil yang dijual dengan cara dititipkan di dealer. Oleh sebab itu, coba periksa mengapa mobil ini dijual, mengapa mobil dijual dengan cara dititipkan.

Ada juga yang langsung negosiasi dengan penjual. Namun sebaiknya lihat dulu mobil yang diinginkan, kemudian lakukan penawaran.

  1. Coba kendarai mobil yang kamu inginkan

Kalau sudah tahu mobil second yang dihendaki, coba mintalah untuk melakukan test drive. Hal ini cara paling tepat untuk mengetahui apakah mobil masih laik dan kondisinya memang benar terbaik.

Kamu harus rasakan dengan seksama saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, bagaimana visibilitas saat di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tak sedap, apakah ada bunyi mencuit, periksa mesin, kondisi AC, dan lainnya.

Periksa juga, apakah mobil ini teridentifikasi di bengkel resmi untuk perawatannya. Kamu juga bisa membawa mekanik yang lebih paham tentang mesin saat test drive.

Namun ditengah pandemi seperti ini, lebih aman kalau kita berada dirumah saja, kalau mau cek mobil second, kali bisa melakukannya lewat Layanan COD dari mobil88.

Untuk mengakomodir kebutuhan agar bisa melihat mobil idaman tanpa harus keluar rumah, mobil88 berikan layanan COD (Car On Delivery). Layanan COD ini memungkinkan pelanggan untuk bisa lihat dan cek mobil yang sudah dipilih dari mobil88 bahkan juga melakukan test drive #DariRumahAja, karena staff mobil88 yang akan antar mobil ke rumah dan free biaya antar showing.

Jadi lebih mudah kan mengecek mobil second yang dihendaki?

Kalau pengecekan sudah selesai, kalian bisa melakukan penawaran harga. Kali aja penjual bisa menurunkan lagi harga mobil yang kita inginkan tersebut. Jangan lupa juga cek surat-surat kelengkapan dari kendaraan bermotor tersebut (STNK, Pajak, & BPKB).

Kalau semua sudah beres, maka kamu tidak ragu lagi dalam memilih mobil second yang kamu hendaki.

Sekain tulisan tentang tips memilih mobil second ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.