Tips Memilih Aki Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda Di Toko Yang Jual Aki

Memilih merek aki aki yang beda dengan merek aki yang selama ini anda gunakan tentu terkadang membingungkan. Begitu banyak merek aki yang dapat anda temui di toko-toko yang jual aki, mulai dari merek ternama hingga merek yang mungkin belum pernah anda dengar, mulai dari harga aki yang murah hingga harga yang mahal. Setiap jenis dan merek aki memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, karena itulah anda harus melakukan “research” terlebih dahulu terhadap jenis aki, merek aki hingga tipe aki yang cocok untuk kendaraan anda.

gambar dari tribunnews.com

Setidaknya ada dua jenis aki yang dapat anda temukan dengan mudah di toko-toko yang jual aki, yaitu aki basah dan juga aki kering. Selain itu ada jenis aki lainnya seperti aki hybrid, aki absorbent glass matt atau aki calcium, namun dua jenis aki ini masih jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Agar anda tidak bingung dalam memilih aki yang tepat untuk kendaraan anda, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan seperti tips berikut ini.
• Dimensi aki
Ini adalah hal pertama yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli jenis ataupun merek aki apapun dari toko yang jual aki. Karena dimensi aki yang tidak tepat membuat aki tidak dapat terpasang dengan baik di kendaraan anda. Misalnya saja aki yang anda beli terlalu besar, tentu saja tidak akan muat dalam kendaraan anda. Untuk mempermudah dalam mengetahui dimensi aki yang biasa anda gunakan, anda bisa melihat kode JIS pada aki anda yang lama. Kode tersebut menunjukkan ukuran panjang, tinggi dan juga lebar aki anda. Contoh dari kode tersebut adalah JIS 34B19R, yang mana B menunjukkan lebar sebesar 127-129 mm dengan tinggi 203 mm. Lalu angka 19 menunjukkan panjang aki, yaitu 19 cm. Akan tetapi bila dalam kendaraan anda memiliki ruangan atau space yang cukup dan dapat dimodifikasi, maka anda tidak perlu memikirkan dimensi dari aki yang akan anda beli.
• Posisi kutub pada terminal aki
Merek aki yang berbeda terkadang memiliki posisi kutub yang berbeda pula. Misalnya saja merek A dari toko yang jual aki di Jakarta memiliki kutub plus di sebelah kanan dan kutub min di sebelah kiri. Akan tetapi berbeda dengan merek B yang memiliki posisi kutub kebalikan dari merek A. Untuk itulah anda harus melihat posisi kutub pada terminal aki untuk memastikan bahwa aki dapat terpasang dengan baik di kendaraan anda. Untuk posisi kutub anda juga bisa melihat dari kode JIS. Misalnya saja 34B19R, huruf R disini menunjukkan bahwa kutub min berada di sebelah kanan (right) dan kutub plus ada di sebelah kiri (left). Apabila kode JIS tersebut berupa 34B19L maka kutub min di sebelah kiri (left) dan kutub plus di sebelah kanan. Apabila terjadi ketidaksesuaian posisi kutub maka dapat membuat aki tidak dapat dipasang dengan baik. Agar dapat digunakan, maka anda harus melakukan modifikasi pada aki yang sudah anda beli di toko yang jual aki. Apabila pada kode JIS terdapat huruf S (misalnya 34B19RS), tandanya aki tersebut memiliki ukuran kutub yang lebih besar daripada aki pada umumnya.
• Kapasitas aki
Kapasitas aki akan memberikan pengaruh terhadap performance atau kinerja dari aki tersebut dan juga tingkat keawetan aki. Lebih baik memilih aki dengan kapasitas yang sama dengan aki lama anda. Apabila anda ingin meningkatkan kapasitas aki yang baru, sebaiknya kapasitas aki tersebut tidak lebih dari 15 ampere karena nantinya akan memberikan pengaruh buruk pada sistem kelistrikan di kendaraan anda.
• Jenis aki
Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat dua jenis aki yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu aki kering dan aki basah. Jika anda menginginkan aki yang tidak membutuhkan banyak perawatan, maka sebaiknya anda memilih aki kering. Akan tetapi jika anda ingin membeli aki yang murah, anda bisa membeli aki basah.
Untuk merek aki, sebenarnya bukanlah hal yang wajib anda perhatikan. Hanya saja biasanya merek aki yang sudah terkenal sudah terjamin kualitasnya seperti NS Battery dengan seri NS Cheetah atau NS Jaguar. Akan tetapi anda tidak bisa menjadikan merek aki sebagai acuan utama anda dalam memilih aki yang tersedia di toko yang jual aki. Bukan berarti merek terkenal pasti memiliki aki yang bagus, namun bukan berarti juga aki dengan merek yang tidak terkenal memiliki kualitas yang bagus pula. Dan yang terakhir sebelum memutuskan memilih merek aki tertentu di toko yang jual aki, anda harus mengecek apakah aki tersebut menyediakan garansi atau tidak. Apabila anda mencari aki dengan garansi yang lama, anda bisa menggunakan NS Battery yang menyediakan garansi hingga 18 bulan.

Info penting !  Keunggulan Produk Aki Sepeda Motor NS Eagle

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.