Tips Memilih Oli Motor

Oli memiliki peran yang sangat penting dalam bagian dari sebuah motor. Oli memiliki suatu fungsi untuk mengoptimalkan kinerja suatu mesin dan juga untuk mengurangi suatu pendingin, gesekan, dan mempunyai andil untuk mengendalikan kotoran yang beradadalm suatu mesin tersebut. Dan oleh sebab itu, maka penggatian oli mesin harus selalu di lakukan secara rutin supaya menjaga kualitas dan menjaga keawetan suatu mesin dari motor tersebut.

Sekilas info dulu ya! Bagi kalian yang ingin memiliki motor baru, penulis menyarankan untuk mengunjungi situs moladin.com, disitu lengkap banget. Ada jual motor dan aksesorisnya. Gak nyesel dah kalo beli motor di Moladin.

Banyak sekali yang masih bingung dalam memilih oli mana yang sekiranya sangat cocok dengan mesin motor yang di gunakan, bukan hanya para wanita saja tetapi banyak kalangan dari para pria juga yang masih bingung dalam memilih suatu merek oli yang terbaik dan cocok dengan mesin motor tersebut. Apakah kalian juga termasuk dalam orang – orang yang bingung dalam memilih suatu merek oli? Melalui ulasan ini kami akan memberikan tips guna untuk memilih oli yang sekiranya sangat cocok untuk mesin motor atau kendaraan kalian. Tak lupa juga, kami juga akan memberitahu kalian dan merekomendasikan beberapa merek ternama dunia seperti Enduro, Yamalube, dan Shell. Tetap simak dan saksama dalam membaca ulasan ini!

  1. Harus mengetahui oli motor beserta bahan – bahan komposisi pembuatannya.
Info penting !  Tips Memilih Aki Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda Di Toko Yang Jual Aki

Sebelum mengenal lebih dekat lagi tentang cara memilih oli yang baik untuk kendaraan, kami akan membahsa tentang bagaimana cara membuat oli dan bahan – bahan apa saja yang di gunakan untuk membuat oli. Dalam jenisnya oli mempunyai 3 jenis yaitu oli semi sintetis, oli sintetis, dan oli mineral. Oli mineral berasal dari oli yang terbuat langsung dari minyak bumi dan melalui suatu proses penyulingan yang panjang. Oli ini mempunyai keunggulan lebih tahan lama terhadap suatu reaksi penguapan. Dan mempunyai suatu kekurangan yaitu kekentalannya akan cepat berubah ketika di tempatkan pada suhu yang sangat ekstrim dan juga pada suhu yang tinggi. Oli sintetis berasal dari oli yang terbuat dari minyak bumi yang sudah melalui proses pengolahan kembali yang sangat panjang dan menghasilkan oli yang mempunyai kekentalan yang sangat stabil dan sempurna. Oli ini mempunyai keunggulan yaitu sangat mudah sekali dalam reaksi penguapan dan sangat tahan lama dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrim sekalipun. Ada juga jenis oli yang terbuat dari gabungan antara oli mineral dan juga oli sintetis yaitu produk oli semi sintetis. Produk oli semi sintetis ini sangat cocok sekali untuk montor keluaran terbaru yang mempunyai performa yang sangat tinggi seperti motor gede atau motor sport.

  1. Dengan cara SAE atau memilih tingkat keenceran yang sesuai dengan kondisi mesin dan lingkungan
Info penting !  Motor Baru Yamaha di Akhir Tahun 2019

Memilih oli harus selalu di sesuaikan dengan kondisi suatu motor dan kebutuhan penggunaan kendaraan bermotor. Dan poin yang paling penting dalam memilih oli ialah di lihat dari tingkat keenceran dari produk oli tersebut. Kode SAE merupakan kode keenceran oli yang kemudian diikuti oleh angka. Kode keenceran pada suatu produk oli biasanya di buat oleh pabrik The Socienty of Automotif Engineering (SAE). Kode ini dapat kalian temui dan lihat dalam suatu kemasan suatu produk oli tersebut.

  1. Jika suatu kendaraan bermesin mempunyai kinerja yang sangat berat maka gunakannlah oli dengan api yang tinggi

Nilai API dalam memilih oli harus selalu kalian perhatikan karena kode ini merupakan suatu kode spesifikasi yang pertanda keluaran dari American Potrleum Institute.

Info penting !  Ini Dia Produk Unggulan Kendaraan Niaga yang Bisa Anda Jadikan PIlihan

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih oli yang baik untuk kendaraan kalian.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.